Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

IDF 2013, Intel Pamer Teknologi Baru


SAN FRANCISCO, alumniITS.com – Perusahaan semikonduktor Intel kembali menggelar acara tahun Intel Developer Forum (IDF) 2013 pada 10 hingga 12 September 2013 di San Francisco, California, AS. Ajang ini akan menjadi tempat bagi Intel untuk memamerkan teknologi masa kini dan masa depannya.

Teknologi apa saja yang akan dipamerkan Intel? Wakil presiden lembaga riset Gartner, Ken Dulaney, coba memprediksi produk apa saja yang akan jadi fokus Intel tahun ini.

Seperti dikutip dari penyataan resminya, Dulaney berharap akan ada banyak kemajuan pada produk komputer jinjing kategori Ultrabook yang memakai prosesor Core-i generasi keempat (kode nama: Haswell). Jajaran produk Ultrabook akan mengalami peningkatan signifikan dari sisi kinerja dan konsumsi daya yang lebih irit.

Selain Ultrabook, Intel juga memberi perhatian pada komputer berbasis Windows 8 kategori convertible, atau produk yang memadukan fungsi laptop dan tablet.

Fokus Intel tahun ini tak berhenti pada komputer pribadi. Intel harus mengejar ketertinggalannya pada bisnis perangkat mobile dengan menghadirkan perbaikan besar dalam lini produk Atom, melalui prosesor Bay Trail. Produk ini sejatinya dirancang untuk perangkat tablet, baik yang berjalan dengan Windows 8 ataupun Android.

Desain baru Bay Trail diharapkan bisa membuat tablet menjadi hemat daya, namun tetap menawarkan kinerja tinggi. Teknologi kunci inilah yang akan memungkinkan Intel mengejar ketertinggalannya di pasar mobile dari para produsen yang mengadopsi desain arsitektur prosesor ARM, seperti Qualcomm, Nvidia, MediaTek, Samsung, dan Apple.

Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan pangsa pasar prosesor Intel di perangkat mobile, adalah dengan merangkul dan memasarkan prosesornya kepada perusahaan komputer asal China. Produsen China memiliki pangsa pasar besar di dalam negeri, dan punya potensi besar juga secara global.

Lenovo, misalnya, telah membuktikan kemampuannya dalam menjual ponsel pintar Android. Lembaga riset Gartner mencatat Lenovo sebagai produsen ponsel pintar keempat terbesar di dunia dengan pangsa pasar 4,7 persen di kuartal kedua 2013, setelah Samsung, Apple dan LG.

Jika Intel mampu menyediakan prosesor irit daya di perangkat mobile, menurut Dulaney, hal ini akan berbuah manis pada bisnis pusat data (data center) di masa mendatang. Konsumen perangkat mobile semakin tergantung pada internet serta komputasi awan. Dan, tentu saja, bisnis penyediaan data center akan sangat menjanjikan.

Prosesor keluarga Atom yang mampu mengkonsumsi daya rendah, di kemudian hari dapat dimanfaatkan untuk data center. Karena selama ini, perusahaan penyedia data center mencari solusi untuk menekan biaya konsumsi daya melambung tinggi. ([email protected])