Fokus

Business Summit IKA ITS 2010

Business Summit (Busum) merupakan sarana yang strategis bagi alumni ITS untuk memberikan masukan dan berdiskusi langsung dengan para Menteri sektor : ESDM, Perindustrian, Pekerjaan Umum, DKP, Kepala BKPM dan lainnya. Acara dibuka Wapres Boediono & sesi stadium general akan dipaparkan kebijakan perekonomian oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Setelah lama dinantikan dan sempat tertunda beberapa kali, akhirnya kegiatan Business Summit (Busum) IKA ITS 2010 akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2010 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place SCBD Jakarta. Kegiatan ini akan dihadiri oleh lebih dari 500 peserta (alumni ITS, undangan dan umum ) serta menghadirkan Wakil Presiden, Menko Perekonomian dan Para Menteri sektor terkait sesuai dengan kompetensi alumni ITS. Model kegiatan dibagi menjadi 2 sessi, pada pagi hari akan ada paparan dalam bentuk stadium general oleh Wakil Presiden dan Menko Perekonomian yang akan memaparkan habis perekonomian dan program untuk menggaet investasi Rp 2.000 trilyun untuk mencapai pertumbuhan 5,8% pada tahun 2010. Setelah makan siang akan ada sesi chamber (kamar), dimana setiap Menteri akan memaparkan secara khusus program di kementeriannya, yang kemudian akan terjadi dialog interaktif dengan alumni ITS dan undangan.

Menurut Ketua Panitia Pengarah Ir. Widodo Santoso (menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT. Semen Padang), kegiatan ini akan diselenggarakan setiap tahun sebagai wujud kontribusi IKA ITS dan alumni ITS dalam memberikan masukan kepada Pemerintah. Hal ini sejalan dengan AD-ART IKA ITS, yang menekankan bahwa IKA ITS adalah organisasi alumni yang berperan aktif dalam memberikan kontribusi bagi negara dan masyarakat luas. Alumni perguruan tinggi, termasuk alumni ITS memiliki ciri khas yang tentu akan berbeda dengan organisasi profesi maupun dunia usaha yang telah lebih dahulu memberikan masukan kepada Pemerintah. Alumni ITS yang bekerja diseluruh sektor usaha, termasuk dengan keahlian dan interaksi dilapangan terhadap peraturan-peraturan Pemerintah, tentunya akan mampu memberikan masukan yang sangat rinci dan terintegrasi. Ibaratnya dari sektor konstruksi saja, alumni ITS bekerja/memiliki keahlian dari konsultan perencana, konsultan pengawas, kontraktor, suplier/rekanan sampai dengan pembiayaan. Sehingga dalam satu sektor industri/usaha maka peran alumni ITS mulai dari A sd Z.

Fokus paparan oleh setiap Menteri sebagai berikut :

– Menteri perindustrian : upaya-upaya melakukan reindustrialisasi khususnya perkuatan industri UKM, ancaman AFTA dan sinergi UKM dengan industri besar.

– Menteri Kominfo :  koneksi infrastruktur dan ICT untuk meningkatkan daya saing.

– Menteri ESDM : Implementasi kebijakan dibidang energi.

– Menteri Pekerjaan Umum : Pembangunan infrastruktur untuk mencapai target investasi.

– Menteri Kelautan dan Perikanan : Implementasi kebijakan disektor kelautan dan perikanan serta pembiayaan perbankan

Setelah sesi ke-2 selesai, akan dibacakan pokok-pokok hasil BUSUM IKA ITS dan Rekomendasi, yang dalam waktu 1 minggu akan disampaikan secara resmi kepada Presiden R.I.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dan partisipasi sponsorship dapat menghubungi Sdr Errika Ferdinata (Sekretaris OC) di sekretariat IKA ITS atau HP : 081 – 65431181/ 021 – 3070 3188  email : [email protected]