Kiprah AlumniProfil

Brigita Purnawati Manohara

Brigita Purnawati Manohara adalah seorang pembawa acara berita Indonesia. Anak pertama dari pasangan Ria Putra Paripurna dan Bagus Indrawati ini lahir di Jakarta, 2 November 1985. Selain sebagai alumnus ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) jurusan Arsitektur angkatan 2002, Brigita Manohara juga telah menuntaskan program magister ilmu komunikasi dengan predikat cum laude di Universitas Dr. Soetomo Surabaya pada 2012 sebelum akhirnya hijrah ke Jakarta. Di tahun 2014 ia memutuskan belajar ilmu hukum di pasca sarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan peminatan hukum pidana dan atas beasiswa dari Eka Tjipta Foundation. Selama tiga semester ia berhasil menuntaskan studinya dengan predikat cum laude.

Berkarier di dunia media sudah dilakukan sejak bangku kuliah. Galuh Persahabatan Kota Kediri tahun 2005 ini pertama kali bergabung di JTV pada program Pojok Arena dan Pojok Isuk (program berita pagi berbahasa Jawa). Ia juga sempat bergabung dengan Indosiar, Arek TV, TVRI stasiun Jawa Timur, SBO TV serta Metro TV. Ia juga pernah menjadi announcer di Radio Mercury Surabaya dan Radio Sonora Surabaya. Awal kariernya sebagai presenter berawal ketika menjadi juara dalam ajang news presenter di TPI pada tahun 2007.

Brigita dikenal piawai menjadi moderator acara debat beberapa pemilihan kepala daerah. Namanya begitu dikenal dan dekat dihati pemirsa televisi di tanah air. Beberapa stasiun televisi pernah menjadi persinggahan kariernya, mulai TVRI, Metro TV, Indosiar, SBO hingga akhirnya menjadi presenter talkshow tvOne.

Bagi Brigita, pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi sebuah keharusan. Makin cerdas dan banyak wawasannya, seorang jurnalis akan disegani banyak orang. Maka tidak heran Wanita yang saat ini tercatat sebagai Deputy at Finance IJTI dan Divisi Women Jurnalism at PWI Jatim ini, sekarang tengah menjadi kandidat Doktor jurusan Hukum di Universitas Indonesua (UI)

Tak cukup sampai disitu, keinginan Brigita Manohara untuk lebih memberi manfaat ke banyak orang diwujudkan dengan terjun langsung ke dunia politik. Berbekal tekad yang kuat, ia pun cuti dari tvOne, untuk bertarung menjadi calon anggota DPR RI lewat PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung di Pemilu 2019, namun belum terpilih ke senayan. Ikut berkiprah di dunia politik diharapkannya menjadi sumbangsi pemikirannya untuk membangun Indonesia lebih baik.

Kecintaannya pada almamater ITS ditunjukkan dengan kontribusinya pada berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh ITS maupun IKA ITS, antara lain memberikan pembekalan wisudawan, pelatihan komunikasi dan lainnya. Sebagai lulusan kampus teknik, tentu saja kemampuan Manohara dibidang komunikasi adalah hal yang langka dan dapat menjadi inspirasi agar para engineer juga melengkapi dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni agar ide dan karya cemerlang dapat tersampaikan kepada berbagai pihak dengan baik.

Dalam kepengurusan PP IKA ITS periode 2015-2019, Brigita adalah kepala departemen hubungan media.