Fokus

Bakso Malang Cak Eko Sabet Indonesian Entrepreneur Award 2008

Sore itu wajah Henky Eko Sriyantono tampak sumringah. Pria lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Surabaya itu baru saja dinobatkan sebagai pemenang Young Enterpreneurship Award 2008 (YEA 2008) yang digelar Bisnis Indonesia. Melalui usaha restoran Bakso Malang Cak Eko, pria yang akrab disapa Eko ini terpilih sebagai pemenang dari 14 kandidat lain yang masuk daftar seleksi kategori utama YEA 2008.

Dengan menenteng amplop putih berisi hadiah yang isinya tentu tidak seberapa jika dibandingkan dengan omzet setiap bulan, pria yang sore itu mengenakan pakaian lengan panjang kebiruan bergaris lengkap dengan dasi itu mengaku sangat senang.

“Senang banget, mbak karena baru kali ini saya jadi pemenang di bidang kewirausahaan,” ujar pemegang 75 waralaba Bakso Malang Cak Eko dan lima cabang Soto Ayam Kampung Surabaya Ojolali itu.

Penghargaan itu diserahkan oleh Presdir PT Jurnalindo Aksara Grafika penerbit Harian Bisnis Indonesia Lulu Terianto (sebelah kiri pada foto) kepada Henky Eko (kanan).

Bukan nilai uang yang dibanggakan, setidaknya perjuangan hidup yang dilakoninya sejak hijrah ke Jakarta 1997 akhirnya membuahkan hasil.

Eko tidak lagi menjual handphone atau baju muslim di pinggiran jalan atau makanan ringan dengan gerobak, ke-75 cabang restoran baksonya telah menghasilkan omzet hingga Rp90 juta setiap bulannya.

“Saya bermimpi Bakso Malang Cak Eko bisa jadi McDonald-nya Indonesia. Makanya saya mau buka cabang bakso dalam waktu dekat ke Singapura dan Kalifornia,” ujar pria kelahiran Surabaya, 5 Mei 1974 ini.

Menurut Executive Director of Ciputra Entrepreneur Program Margiman yang didaulat sebagai salah satu anggota tim juri YEA 2008, Eko pantas menyandang gelar pemenang karena sistem marketingnya sangat inovatif.

Sejak merintis bisnis bakso 10 tahun lalu, Eko selalu me-nawarkan 'warung' miliknya ke penerbit-penerbit majalah bisnis. Alhasil, Bakso Malang Cak Eko dikenal orang tanpa biaya promosi.

Selain sisi marketingnya, Eko juga memiliki sistem manajemen yang sudah bagus sehingga dalam waktu 10 tahun mengalami perkembangan bisnis yang luar biasa.

(sumber : www.bisnis.com)