Selasa, Oktober 22, 2019
BeritaFokusFoto Kegiatan

Antusiasnya Admin Wilayah dan Jurusan Ikuti Sosialisasi dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Jumlah Alumni Terverifikasi dan Mendaftar KTA

Di era serba digital, maka membangun organisasi berbasis digital adalah sangat penting. Menyadari hal tersebut, sejak tahun 2016 Pengurus Pusat IKA ITS telah mengembangkan platform aplikasi berbasis mobile Apps untuk mendata Alumni ITS dan membuatnya menjadi Big Data Alumni yang diberi nama Aplikasi MIDA IKA ITS.

Bagi yang ingin tahu apa itu nama MIDA, sebenarnya merupakan kependekan dari salah satu program kerja PP IKA ITS yaitu Manajemen Informasi Database Alumni (MIDA). Sejak 25 September 2018 yang lalu, Aplikasi MIDA sudah terintegrasi dengan aplikasi kampus ITS berbasis mahasiswa, yaitu CRM ITS. Sehingga secara otomatis wisudawan ITS datanya akan masuk ke aplikasi MIDA IKA ITS.

Saat ini data Alumni ITS yang ada di Aplikasi MIDA mencapai 46 ribu alumni. Namun yang terverifikasi masih kisaran belasan ribu alumni. Mengapa Alumni Terverifikasi menjadi penting, karena sebagai aplikasi berbasis publik (saat ini sudah tersedia di Play Store, untuk versi iOS dalam proses pengembangan), maka siapa saja bisa mendownload dan mendaftar ke Aplikasi MIDA. Bukan Alumni ITS bisa mendaftar.

Sehingga banyak ditemukan data yang bukan Alumni ITS, pertama laporan dari Admin Komjur tentang data-data bukan Alumni dan meminta SuperAdmin PP IKA ITS untuk menghapus, ataupun data yang sudah jelas bukan alumni ITS, semisal ada seseorang mendaftar dengan mengisi datanya sebagai Alumni Teknik Informatika angkatan 1960, padahal jurusan Informatika yang jika dihitung sebagai juruan Teknik Komputer, berdiri di tahun 80an.

Maka verifikasi menjadi sangat penting, karena data yang belum terverifikasi tidak bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di Aplikasi MIDA, data tersebut juga hanya bisa terhubung dengan data belum terverifikasi lainnya.

Maka verifikasi data yang tidak hanya berfungsi menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah Alumni ITS, tetapi dengan data menjadi sudah terverifikasi bisa menggunakan fitur-fitur MIDA lainnya seperti daftar KTA IKA ITS, pertemanan, daftar event, diskusi, update status. Bahkan Alumni terverifikasi juga bisa melihat data-data Alumni Belum Terverifikasi. Jika dia mengenalnya bisa membantu dengan memberikan rekomendasi kepada Admin Komisariat Jurusan bahwa data alumni Belum Terverifikasi tersebut adalah Alumni ITS.

Untuk mensosialisasikan Aplikasi MIDA ver 2.0 dan pelatihan menggunakan aplikasi tersebut sekaligus sosialisasi tentang apa itu KTA IKA ITS, bagaimana mendaftar dan apa benefitnya, Sabtu 27 Oktober 2018 bertempat di Big Bears Cafe yang juga merupakan markas Alumni Komisariat Jurusan Mesin ITS diselenggarakan pelatihan untuk Admin Pengurus Wilayah IKA ITS dan Komisariat Jurusan yang diikuti oleh 25 Admin yang berasal dari berbagai PW dan Komjur.

Melaluinya sosialisasi dan pelatihan tersebut diharapkan sosialisasi ke Alumni ITS akan semakin masif dan luas, serta jumlah Alumni ITS terverifikasi akan semakin banyak dan pada akhirnya potensi Alumni ITS untuk memiliki Kartu Tanda Anggota IKA ITS akan semakin banyak.

Acara pelatihan dibuka dan sekaligus arahan dari Cak Totty Moekardiono salah satu Wakil Ketua Umum yang mewakili PP IKA ITS. Adalah. Sosialisasi tentang MIDA dan KTA IKA ITS disampaikan oleh Cak Arief Hermawan selaku Wasekjen Database dan Keanggotaan PP IKA ITS. Adapun pelatihan teknis oleh Cak Bowo sebagai Developer yang mengembangkan aplikasi MIDA.