Berita

2012, Serangan Jaringan Komputer Tembus 50,6 Juta


JAKARTA, alumniITS.com – Keamanan Jaringan Informasi menjadi topik yang hangat dewasa ini. Dalam dua tahun terakhir, data statistik dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTI) menunjukkan bahwa jumlah insiden keamanan internet semakin meningkat dan beragam jenisnya.
Tahun 2012 terdeteksi serangan jaringan komputer sebanyak 50,6 juta terinfeksi. Jumlah ini menunjukkan potensi kerusakan data dan informasi yang ditimbulkan akan sangat besar. Fakta ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat tentang keamanan jaringan informasi masih rendah.

Dengan melihat kondisi ini, ID-SIRTII bekerja sama dengan Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (DTE-FTUI) mengadakan diskusi panel dengan tema “Menghadapi Tantangan di Era Cybersecurity” pada tanggal 28 Mei 2013 pukul 12.00 – 15.30 bertempat di Ruang “Olive Tree”, Hotel Pullman, Jalan M.H. Thamrin 59 Jakarta.

Diskusi Panel ini akan membahas mengenai antisipasi tantangan keamanan informasi di Era Cybersecurity yang semakin serius, dan peran yang harus dilakukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di bidang Keamanan Informasi serta sejauh mana kontribusi riset yang saat ini dilakukan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan Keamanan Informasi.

Panelis dalam diskusi ini adalah Prof. Dr-ing. Kalamullah Ramli (Guru Besar UI, Staf Ahli KemKominfo), Dr.Pos M. Hutabarat (Dirjen Potensi Keamanan, Kemhan), Dr. Rudi Lumanto (ID-SIRTII), Didik Partono Rudiarto, MSc (Aspiluki) dan Irwin Day, SKomp (Nawala). Panelis ini diharapkan dapat menggali lebih dalam mengenai pentingnya keamanan informasi dan upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul di bidang ini.

ID-SIRTII merupakan sebuah organisasi independen dan quasi government yang melakukan koordinasi dan pengawasan yang terkait dengan keamanan infrastruktur internet nasional. Dengan demikian, telah menjadi tugas ID-SIRTII untuk mensosialisasikan pentingnya Keamanan Informasi dan SDM yang unggul di bidang ini.

Dalam menjalankan tugas tersebut, tentu saja ID-SIRTII membutuhkan peran serta dan kerjasama dengan semua stakeholder terutama dari pihak akademisi untuk membuka wawasan keilmuan tentang pentingnya Keamanan Informasi.

Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang merupakan institusi akademis memiliki komitmen untuk melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang menguasai teknologi terkini sangat mendukung program ID-SIRTII. Karena itu, bersamaan dengan kegiatan Diskusi Panel ini juga akan ditandatangani kerja sama untuk program Magister kelas khusus Keamanan Jaringan Informasi (Information Network Security).

Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam merancang dan mengevaluasi suatu jaringan informasi dengan menerapkan aspek-aspek keamanan fisik maupun non-fisik.

Program magister di bidang Keamanan Jaringan dan Informasi ini termasuk program yang masih langka di Indonesia dan hal ini tentunya merupakan langkah nyata DTE FT UI untuk ikut serta menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan mampu menjawab tantangan global terkait perkembangan teknologi terkini di era Cybersecurity.

Adapun perkuliahannya akan diadakan di Kampus FTUI Salemba dengan jadwal kelas dimulai pukul 17.00 sore selepas jam kerja sehingga dimungkinkan juga untuk dapat diikuti oleh para profesional dan praktisi. ([email protected])