Berita

Woodwinds Health Campus – Customer Experience

Kebutuhan akan rumah sakit sudah lama ada. Lama kelamaan kebutuhan akan rumah sakit ini semakin berkembang, dimana rumah sakit tidak hanya dilihat sebagai sekedar tempat untuk menampung, dan merawat orang yang sakit. Woodwinds Health Campus menciptakan lingkungan penyembuhan unik yang dapat mencakup segala kebutuhan dari pasien dan keluarganya. Situasi yang ingin dibangun oleh Woodwinds adalah sebuah rumah sakit yang tidak memberikan kesan seperti rumah sakit, tetapi lebih seperti sebuah kampus (sarana untuk belajar), dan sarana penyembuhan yang lebih dekat dengan alam. Mereka sadar bahwa privasi, empati, keamanan dan kenyamanan sangat penting bagi para pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Hal ini melahirkan suatu filosofi pelayanan yang lebih hangat dan bersahabat, yang dapat mendukung komitmen Woodwinds dalam memberikan perawatan dan pelayanan yang lebih baik. Woodwinds Health Campus mempunyai visi untuk menjadi inovatif, unik, dan menjadi pilihan utama dalam hal penyediaan sumber daya untuk kesehatan, dengan cara menciptakan suatu pengalaman dalam penyembuhan, perawatan kesehatan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Mereka mempromosikan kesehatan dan penyembuhan, baik fisik dan spiritual, melalui hubungan yang baik, pilihan, dan pembelajaran.

Woodwinds memperhatikan nilai-nilai yang diperlukan untuk mendukung semua visi dan misinya itu, dengan memberikan pelayanan yang lebih hangat dan bersahabat, praktek-praktek yang sesuai dengan kode etik yang berlaku, kolaborasi dengan pihak-pihak lain, dan sumber daya manusia yang kompeten dan handal. Prinsip-prinsip yang dipakai adalah melibatkan semua pihak yang terlibat (pasien, keluarga, rumah sakit) agar semuanya bisa saling mendukung terjadinya kesembuhan, membangun suatu sistem yang dapat mendukung terciptanya lingkungan pelayanan pelanggan dan membuat lingkungannya agar terkesan lebih seperti kampus, menggunakan semua fasilitas secara bertanggungjawab agar kesehatan keuangan rumah sakit dapat terjaga, menciptakan lingkungan penyembuhan yang lebih dekat dengan alam agar dapat menghasilkan kualitas kesehatan yang lebih baik, meningkatkan kualitas kesehatan dari komunitas tertentu dengan menjadi partner mereka dan mengerti segala kebutuhannya, dan menyediakan laboratorium sebagai sarana belajar.
Fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk Inpatient:
•Critical Care (ICU)
•Medical/Surgical Care
•Maternity Care
•Orthopaedic Specialty Center
•Cancer Care (oncology)
•Pediatrics
•Hospice Care

Fasilitas-fasilitas untuk Outpatient:
•Surgery
•Radiology Care
•Heart & Lung Care
•Sleep Care
•Infusion Therapy
•Lab

Pembangunan pengalaman lewat merek (brand) dan logo dari Woodwinds Health Campus, dapat dilihat dari desain logo, nama merek, dan warna yang digunakan. Nama “Woodwinds Health Campus” yang digunakan sangat berkesan alami, dekat dengan alam, dan sebagai sarana pembelajaran atau studi. Lambang daun dan warna-warna hijau kuning pada logonya juga memperkuat kesan tersebut. Lingkungan di sekitar lokasi, dan gedungnya juga didesain agar tidak terlihat seperti rumah sakit pada umumnya.

Pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan dapat dilihat dari pendapat atau testimoni mereka tentang Woodwinds. Kata-kata yang sering terdengar adalah, “It doesn't feel like a hospital. It doesn't look like a hospital. It doesn't smell like a hospital.” Suasana yang berbeda sudah terasa pada saat melihat lokasinya. Saat melewati pintu masuk yang luas, pelanggan dapat melihat koridor-koridor yang nyaman dan luas. Panduan dan petunjuk yang ada juga jelas, dan dengan cepat dapat memandu para pelanggan untuk menuju ke area yang diinginkan, tanpa harus menunggu di ruang tunggu atau resepsionis. Di Woodwinds, mereka merasakan lingkungan penyembuhan yang berbeda dari rumah sakit lainnya, dimana privasi, empati, keamanan, dan kenyamanan sangat terasa pada saat mereka berada di sana. Pasien dapat merasakan ruangan perawatan yang lebih nyaman, karena di dalam ruangan tersebut juga terdapat zona untuk tempat istirahat keluarga, dan zona untuk perawat. Desain seperti ini memungkinkan perawat untuk dapat lebih dekat dengan pasien, tetapi sekaligus memberikan privasi yang cukup juga pada pasien. Pasien dapat membangun hubungan yang baik dan rasa saling percaya dengan perawat, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Pasien merasakan perawatan yang lebih personal, hangat, dan bersahabat. Keluarga dari pasien juga merasa dilibatkan dan menjadi partner dalam proses penyembuhan. Hal ini memudahkan keluarga dalam memberikan dukungan dan segala sesuatu yang dibutuhkan pasien, dan menciptakan pola kehidupan yang normal seperti pola kehidupan sehari-hari.

Woodwinds adalah kolaborasi dari HealthEast Care System dengan Children’s Hospitals and Clinics. 70 dari ruangan atau tempat tidur dari Woodwinds ini merupakan fasilitas non-profit yang berada dalam pengawasan para pemegang saham, dan para pemegang saham dari HealthEast Care system. Woodwinds resmi dibuka pada bulan Agustus tahun 2000 dan merupakan satu-satunya rumah sakit di southeast metro area.
Ivan Mulyadi (berbagai sumber)