Berita

Unair Jadi Pusat Unggulan Iptek Nasional

SURABAYA, alumniITS.com  – Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia menetapkan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD UA) sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Nasional di bidang Kesehatan dan Obat dengan Tema Riset Biologi Molekuler.

Tidak main-main, pemilihan ini  juga menunjukkan bahwa ITD UA merupakan lembaga riset yang dinilai paling siap baik dari segi fasilitas, sumber daya, dan jejaring guna mewakili Indonesia di kancah Internasional. 

Disamping itu ITD UA ini juga memiliki 15 study grup yang memang menjadi spesialisasinya diantaranya Influenza, Dengue, HIV/AIDS, Hepatitis, Malaria, Stem Cell, Human Genetics, Natural Product, Molecular Oncology, Bee Health Product Development, Proteomic, Tuberculosis, Leprosy, Entomology, dan Intestinal Infection.
 
Menurut ketua ITD UA, Prof. Nasronuddin, lembaga riset ini tengah berusaha menghasilkan Kit-Diagnostik, Standard Antigen dan Antibody, Vaccine Seed, Enzim, Produk Herbal dan Stem Cell. “Misi ITD UA adalah membantu program pemerintah secara sinkron, sinergis, dan linear melalui penelitian dan riset,” Ujar Prof. Nasronuddin, kepada wartawan di Surabaya, Kamis (16/5/2013).
 
Sedikit informasi, sejak awal berdiri ITD UA telah menggelar kemitraan baik secara nasional maupun internasional antara lain University of Sydney (Australia), CRC-ERID (Kobe University, Jepang), Erasmus University (Belanda), Mahidol University (Thailand), Oita University (Jepang), JICA-JST/SATREPS (Jepang), Nagasaki University (Jepang), University Putra Bangsa (Malaysia), dan AusAID (Australia).

Untuk kemitraan dengan pihak nasional, ITD UA menggandeng Kementrian Kesehatan RI, PT Biofarma, PT Indofarma, PT Kimia Farma, Eijkman Institute, Rumah Sakit Sulianti Saroso, dan berbagai universitas di Indonesia. ([email protected])