Berita

Tim ITS Maritime Challenge Peroleh Penghargaan Tertinggi: The Spirit of Atlantic Challenge Award

Alhamdulillah, Sabtu siang 28/7 jam 18.00 waktu Bantry, Presiden Atlantic Challenge International, Lee Scarborough dari USA mengumumkan dg resmi bahwa ITS memperoleh penghargaan tertinggi, yaitu the Spirit of Atlantic Challenge Award. Pengumuman dilakukan di Wolve Town Square, alun-alun kota Bantry.

Seketika semua anggota Tim ITS MC hampir menangis tersedu-sedu karena terharu. Sebagian lagi bersujud syukur. Walaupun Tim ITS tidak memenangkan semua nomor perlombaan, keterlibatan Tim Indonesia selama pertandingan ini dinilai oleh Event Committee mencerminkan semangat Atlantic Challenge yang paling kuat di antara peserta yg lain.

Sedangkan pengumuman para juara lainnya dilakukan oleh Diarmaid Murphy selaku Presiden AC Ireland. Sebagai Juara Umum lomba adalah Irlandia Utara yg memperoleh the Atlantic Challenge Trophy. Tim Russia dengan Tim Inggris memperoleh John Kerr Trophy.

Oleh Lee Scarborough dikatakan dalam sambutannya bahwa the Spirit of Atlantic Challenge Award adalah.penghargaan tertinggi dalam setiap event Atlantic Challenge.

Perahu buatan mahasiswa Tim ITS MC Rojo Segoro selanjutnya dipinjam oleh Tim Lithuania selama 6 tahun ke depan. Mereka akan membantu mengaplkan Rojo Segoro ke Perancis pada event Atlantic Challenge 2014 yang akan datang. Telah disepakati juga pengiriman mahasiswa ITS ke Lithuania dan USA dalam rangka membantu pembangunan perahu lomba Yole de Bantry.

Terlampir adalah foto sesaat setelah penerimaan penghargaan tertinggi the Spirit of Atlantic Challenge Award di panggung acara Atlantic Challenge 2012 di alun-alun Kota Bantry. Pengumuman penghargaan tertinggi dilakukan sendiri oleh Presiden Atlantic Challenge International, Lee Scarborough dari USA.

*Berita dari Prof. Daniel M Rosyid.