Berita

Raker IKA ITS 2011 di Cilegon : ITS untuk Indonesia

Pengurus Pusat IKA ITS Periode 2011-2015 telah melaksanakan pelantikan kepengurusan pada tanggal 28 Oktober 2011 di Hotel Bidakara Jakarta, dengan telah dilantiknya kepengurusan tersebut maka telah memiliki legalitas untuk mengadakan kegiatan sebagai tindaklanjut dari Rekomendasi pada GABAKA hasil Kongres IKA ITS 2011 serta implementasi dari Visi & Misi Ketua Umum PP IKA ITS. Untuk itu dilaksanakan Rapat Kerja PP IKA ITS yang dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2011 di Hotel Permata Cilegon dengan panitia pelaksana lokal adalah PW IKA ITS Banten.

Sebelum pembahasan program kerja, untuk memberikan arahan strategi pelaksanaan program dan penguatan kemampuan pengurus dalam menyusun program, dilakukan pembekalan kepengurusan.  Ketua Senat IKA ITS Prof. Ir. Priyo Suprobo dalam pembekalannya menekankan perlunya IKA ITS memiliki public relation yang baik agar mampu menyuarakan kegiatan dan masukan kebijakan IKA ITS. Penguatan IKA ITS di wilayah Indonesia Timur perlu menjadi salah satu kegiatan yang diprioritaskan dalam penataan organisasi, mengingat potensi sumber daya alam di Indonesia Timur yang besar. , Ir. Faqih Zuhdi M (Dewan Penasehat) memberikan apresiasi semangat alumni ITS yang meskipun gajinya kecil tapi dedikasi ditempat kerjanya sangat tinggi ditunjang kemampuan skill yang baik, dimasa mendatang bagaimana alumni ITS dapat berperan menjadi penentu kebijakan di negara ini, Ir. Kristiono (Dewan Pakar IKA ITS) mengharapkan kepengurusan yang besar ini dapat memberikan kontribusi yang besar pula, pergerakan IKA ITS dapat dimulai dari yang kecil dan menjadi tantangan bagaimana dapat mendorong 4.000 alumni ITS untuk menjadi anggota Koperasi TENOV Bakti Nusantara.

Dalam pengarahannya Ketua Umum PP IKA ITS Dr. Ir. Irnanda Laksanawan menekankan perlunya peningkatan networking alumni ITS, serta bagaimana IKA ITS dapat berkontribusi dan memanfaatkan dana CSR di BUMN untuk pemberdayaan masyarakat dengan program kegiatan yang memiliki nilai tambah dan inovatif serta diperkuat dengan aspek teknologi. Untuk mencapai keseluruhan program IKA ITS sebagaimana Visi dan Misi Ketua Umum rencana kerja yang akan dilaksanakanyaitu :

  1. Upgrading and Intergrating web graphic standard
  2. Developing Innovative Content
  3. Developing Alumni Contribution System
  4. Intergrating AlumnITS and Face Alumni
  5. Developing Mobile App information channel
  6. Smart Alumni Database Intellegence
  7.  Smart Alumni Database Collection
  8. Internal Collaboration

Suasana Raker sangat meriah dengan berbagai kegiatan pendukung Raker seperti hiburan. Ada beberapa terobosan untuk membawa peran IKA ITS yang lebih besar lagi bagi kontribusinya untuk kampus ITS dan bangsa Indonesia. Kegiatan yang bersifat peningkatan kompetensi alumni, penguatan jejaring dengang memanfaatkan teknologi dan kelembagaan diharapkan dapat menunjukkan peran dan kontribusi alumni ITS.

Secara umum beberapa highlight program kerja yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun kedepan adalah :

Business Gathering, Lomba Bisnis, Masukan kurikulum dalam rangka meningkatkan mutu lulusan ITS, Pemberian beasiswa berprestasi non akademik yang mengarumkan ITS dan mahasiswa tidak mampu, Rintisan bantuan penelitian dosen, Pembekalan wisudawan, Transfer knowledge memanfaatkan waktu liburan alumni ITS , Roundtable discussion infrastructure, industry, energy, ICT & Robot. Riset monitoring competitive indeks, Website Center of National Technology & Public Policy, Kajian Roadmap industry, Talkshow di televise setiap 2 bulan sekali, Penghijauan kampus ITS (ECO CAMPUS), Pembuatan SOP industry, Lomba teknologi ramah lingkungan, Sarasehan lingkungan hidup, Seminar hari Ibu

Edukasi, pelatihan dan pendampingan entrepreneur perempuan, Inkubator bisnis bekerjasama dengan CSR BUMN, Membuat Pojok Wanita ITS di website www.alumniits.com, Knowledge management network , Penyusunan Roadmap Prolead, Database entrepreneurship dari alumni ITS, Business Summit 2012, Mapping pembinaan alumni, Workshop peningkatan skill, Pembentukan satgas bencana, Pembinaan daerah rawan bencana, Standar bisnis untuk PKBL, Seminar pelatihan untuk peningkatan kompetensi alumni ITS, Database ketenagakerjaan, Sertifikasi profesi, Pembentukan PW IKA ITS, Monitoring Muswil, Pedoman keanggotan IKA ITS (iuran, mekanisme didstribusi keuangan ke PP, PW Komjur)

Setelah dilakukan editing, versi yang lengkap akan diupload pada fitur Organisasi => Program Kerja