Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

PP IKA ITS dan BNI Syariah Tandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama di Perbankan Syariah

Satu lagi gebrakan dilakukan oleh Pengurus Pusat IKA ITS yang meraih kepercayaan dari BNI Syariah untuk menjalin kerjasama di bidang Perbankan Syariah. Kekuatan Data Alumni ITS yang ada di Aplikasi MIDA IKA ITS yang saat ini sudah terintegrasi dengan kampus ITS menjadikan Alumni ITS menjadi sebuah kumpulan (komunitas) yang menarik bagi pihak lain, termasuk BNI Syariah. Saat ini Aplikasi MIDA IKA ITS sudah mendaftar 48.300 Alumni dan terverifikasi sebanyak 30.005 Alumni dan setiap tahun mulai 2019 akan mendapatkan tambahan data sekitar 4.500 wisudawan ITS yang secara otomatis adalah data terverifikasi.  Dilengkapi dengan bermacam fitur pendukung seperti email notification, SMS Blasting dan lainnya, menjadikan Komunitas Alumni ITS (IKA ITS) adalah entitas yang menarik bagi berbagai lini bisnis.

Pada acara Buka Puasa Bersama Alumni ITS Kementerian Perindustrian yang diselenggarakan di Plaza Pupuk Kaltim, Jum’at 24 Mei 2019 ditandatangani Nota Kesepahaman antara PP IKA ITS dengan BNI Syariah dengan ruang lingkup :

  1. Pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah;
  2. Kerjasama Produk Kartu co-branding Berbasis Syariah
  3. Pemanfaatan Produk Pembiayaan Konsumer bagi Alumni ITS
  4. Kerjasama Produk Kartu Pembiayaan Hasanah Card
  5. Pemanfaatan Produk Tabungan Haji/ Umroh dan Pembiayaan Umroh

Pada sambutannya, Direktur Bisnis Retail dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi menyampaikan terima kasih yang mendalam atas kepercayaan Ikatan Alumni ITS untuk bekerjasama dengan BNI Syariah. Sebagai komunitas yang memiliki potensi yang besar, tentu saja BNI Syariah sangat terbuka untuk bekerjasama dan kami menawarkan kerjasama yang seluas-luasnya, seperti yang ada di Nota Kesepahaman ini. Sebagaimana tadi yang disinggung oleh panitia, tentang kerjasama pembiayaan Umroh, selain pembiayaan, BNI Syariah juga memiliki patner dibidang penyelenggara umroh yang terpercaya dan sudah bekerjasama dengan BNI Syariah, sehingga dimungkinkan ada “Paket Umroh Alumni ITS” dengan paket Umroh yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik Alumni ITS.

Sedangkan Ketua Umum PP IKA ITS Dwi Soetjipto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa selain dengan BNI Syariah, IKA ITS saat ini sudah bekerjasama dengan BNI dan BNI Life. Kerjasama dengan kedua entitas tersebut sebagian sudah berjalan dan sebagian masih proses karena tentu membutuhkan sinkronisasi antara IKA ITS dengan BNI dan BNI Life. Kerjasama dengan BNI Syariah akan melengkapi kebutuhan Alumni ITS untuk produk perbankan berbasis syariah.

Adapun Arief Hermawan yang biasa di panggil Cak Aher menyampaikan bahwa untuk operasionalisasi kerjasama IKA ITS – BNI Syariah akan ada “Perjanjian Kerjasama” per produk/layanan yang akan ditandatangani oleh Divisi di BNI Syariah dan Bidang terkait di PP IKA ITS atau PIC yang akan ditunjuk. Cak Aher menambahkan bahwa kemungkin di tahun 2019 yang lebih awal dikerjasamakan adalah Bidang Pembiyaan Konsumer, khususnya Pembiayaan Haji dan Umroh, dan dilanjutkan dengan Kredit Pemilikan Rumah Syariah. Insya Allah, pembiayaan haji dan umroh yang akan didahulukan. Untuk implementasi kerjasama lainnya, akan dilanjutkan oleh PP IKA ITS periode berikutnya, karena yang periode sekarang berakhir tahun ini (2019). Namun, tentu langkah PP IKA ITS periode berikutnya sudah lebih mudah karena pondasi sudah dibangun di periode sekarang.

Yang menarik juga seperti yang disampaikan oleh BNI Syariah pada rapat-rapat pembahasan kerjasama ini yang dilakukan sejak bulan Maret 2019, IKA ITS adalah komunitas yang memiliki sistem database yang menarik. Kerjasama IKA ITS – BNI Syariah nanti implementasinya adalah akan ada fitur di Aplikasi MIDA IKA ITS bagi Alumni ITS terverifikasi yang mau ikut Haji/Umroh. Ketika klik fitur tersebut, maka akan ada isian tambahan yang dibutuhkan oleh BNI Syariah & mitra penyelenggaranya. Selanjutanya pendaftaran tersebut akan terkirim ke PIC BNI Syariah dan mitra penyelenggara haji/umroh untuk ditindaklanjuti.

Untuk harga haji/umroh melalui kerjasama IKA ITS – BNI Syariah, berdasarkan paparan dari BNI Syariah harganya “sangat kompetitif” dibandingkan layanan sejenis jika dibeli sendiri-sendiri di berbagai layanan haji/umroh. Aspek jaminan keberangkatan dan standarisasi layanan juga dijamin oleh BNI Syariah. Berikutnya adalah IKA ITS dipersilahkan mengusulkan paket Umroh yang diminati, apakah hanya ibadah ataukah gabungan dengan wisata (Middle East sampai Eropa).