Berita

Ponsel China Dilarang di India

New Delhi – Para penggemar ponsel China di India siap-siap kecewa. Sebab, pemerintah setempat mengumumkan produk telekomunikasi China termasuk telepon genggam kini dilarang untuk dipasarkan di negeri itu. ahulu, pemerintah India juga pernah melarang peredaran ponsel China, namun tidak menyeluruh. Yang dilarang hanya produk yang tidak memiliki nomor IMEI.

Apa alasannya? Ternyata pemerintah India mencurigai ponsel China dilengkapi dengan program tertentu yang memungkinkan intelijen China memata-matai jaringan telekomunikasi India. Karena itu demi alasan sekuriti, impor ponsel China dihentikan. 

Terang saja, vendor ponsel China bakal terkena dampaknya karena selama ini, produk mereka cukup diminati masyarakat India. ZTE dan Huawei misalnya, menjual cukup banyak ponsel di India.

Sedangkan operator telekomunikasi di India juga kena situasi sulit. Penyebabnya, banyak dari mereka mengorder ponsel dari China. Kini, seperti dikutip detikINET dari UnwiredView, Jumat (30/4/2010), mereka harus mencari alternatif lain.

Namun pastinya, produsen ponsel selain China bisa memetik keuntungan dari pelarangan tersebut. Vendor global seperti Nokia, Samsung atau LG kian bisa menancapkan kukunya di India.(www.detik.com)