Kiprah AlumniProfil

Muhammad Arif Wibowo

Muhammad Arif Wibowo Lahir di Banyumas, pada tanggal 19 September 1966. Meraih gelar sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya) pada tahun 1989. Kemudian pada 1996 ia berhasil meraih gelar master dari Universitas Indonesia (UI) di jurusan Management of Air Transportation yang bekerja sama dengan Massachussets Institute of Technology (MIT).

Awalnya pria kelahiran Banyumas ini bekerja sebagai  engineer of maintenance and engineering pada kurun waktu 1990-1994. Lalu, karirnya terus menanjak sebagai manajer, general manager, kemudian Senior GM Area Indonesia Barat, Senioar GM Area Jepang, Korea, China dan USA, dan lainnya, serta posisi terakhir sebagai Executive Vice President Marketing and Sales Garuda Indonesia.

Kemudian, pada Mei 2012, dia memimpin Citilink Indonesia. Saat itu bersamaan dengan pemisahan (spin off) Citilink yang awalnya strategic business unit (SBU) menjadi anak usaha Garuda. Pendirian Citilink sebagai anak usaha merupakan bagian dari strategi Quantum Leap Garuda. Jadi, secara resmi Arif menjadi CEO Citilink pada Agustus 2012.

Dibawah kepemimpinnya, Citilink sebagai perusahaan start-up di bisnis maskapai penerbangan LCC dituntut tumbuh cepat. Berkat tangannya, Citilink yang tadinya hanya mempunyai 9 pesawat tahun 2012 kini bertambah menjadi 28 pesawat. Frekuensi penerbangan juga bertambah dari 54 penerbangan per hari menjadi 120 penerbangan pada 2013. Bahkan, per September 2014, berkembang menjadi 164 penerbangan setiap hari. Otomatis jumlah penumpang terus bertambah, dari 2,8 juta penumpang pada tahun 2012 menjadi 5,34 juta pada 2013.

Berkat keberhasilannya memimpin Citilink, pada tahun 2014 Arif Wibowo diangkat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia, menggantikan Emirsyah Satar. Selain itu Arif Wibowo juga memperoleh Certified Professional Marketer (CPM Asia) dari Asia Marketing Federation (AMF). Kiprahnya di dunia penerbangan juga dikenal luas. Bahkan Arif Wibowo sempat dipercaya menjabat sebagai ketua INACA (Indonesia National Air Carriers Association) sebuah asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia.

Saat ini, Arif Wibowo menjabat sebagai Managing Director PT Airfast Indonesia. Sebuah perusahaan penerbangan yang melayani jasa penerbangan charter, yang didirikan oleh Frank D. Reuneker.  Visinya ketika menyanggupi tawaran menukangi Airfast adalah untuk menjaga dan mengembangkan cita-cita keluarga Reuneker dengan motto (Alm) Pak Frank D. Reuneker ” Do not go where the path may lead, go instead where there is no path and leave a trail.”

Tidak hanya di dunia penerbangan dan bisnis, Arif Wibowo berkiprah. Kiprahnya di dunia marketing dan atas raihan capaian prestasi saat memimpin Citilink dan Garuda Indonesia, maka pada tahun 2015 Arif Wibowo dipercaya menjadi Ketua Indonesia Marketing Association (IMA) periode 2015-2017. Saat ini Arif Wibowo adalah Ketua Alumni Pasca Sarjana UI dan menjadi salah satu anggota majelis wali amanah di almamaternya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode 2015-2019. Pada aktivitas di Ikatan Alumni ITS, saat ini menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan dan Kerjasama Luar Negeri.