Berita

Mozilla Hadirkan Tablet Berbasis Firefox OS

TAIPEI, alumniITS.com – Smartphone besutan Mozilla tampaknya tak akan lama lagi muncul. Sebab, Mozilla telah menyebar undangan kepada media untuk menghadiri sebuah acara yang diadakan bersama Foxconn, yang diprediksi sebagai acara peluncuran smartphone berbasis Firefox OS.

Dilansir dari laman Cnet, Selasa (28/5/2013), acara itu akan diadakan pada 3 Juni mendatang. Seorang sumber mengatakan kepada Focus Taiwan bahwa produk baru itu kemungkinan adalah tablet. Rumor memang pernah menyebutkan bahwa Mozilla sedang mengerjakan Firefox OS untuk tablet.

Tapi Mozilla juga pernah memperkenalkan dua smartphone dengan sistem operasi Firefox OS. April kemarin, perusahaan kecil asal Spanyol bernama Geeksphone sudah mulai menjual dua smartphone buatan Mozilla. Perusahaan yang dikenal dengan browser Firefox ini kabarnya juga sedang mendekati para pengembang untuk membangun ekosistem di Firefox OS.

Selain itu, Mozilla juga dikabarkan sedang mendekati sejumlah mitra strategis, baik vendor ataupun operator. Kabarnya ada 18 mitra yang akan didekati Mozilla. Sejumlah mitra itu antara lain LG Electronics, China Unicom, America Movil, ZTE, dan Deutsche Telekom.

Mozilla memang kesulitan untuk mengembangkan browser Firefox, terutama di era tren perangkat mobile. Firefox tak dimungkinkan hadir di iOS. Sedangkan di Android, Firefox bukanlah aplikasi utama atau default.

Satu-satunya cara bagi Mozilla untuk tetap mempertahankan eksistensinya adalah PC. Tapi pasar PC semakin melemah. Tentu ini menjadi alasan utama Mozilla untuk menghadirkan perangkat sendiri.

Dengan menggandeng Foxconn, sebenarnya Mozilla cukup sadar bahwa tak punya pengalaman dalam mengembangkan perangkat. Sedangkan perusahaan berbasis Taiwan yang punya nama resmi Hon Hai Precision Industry Co itu sudah berpengalaman, terutama dalam perakitan perangkat.

Apakah Mozilla bisa menjadi alternatif baru sistem operasi mobile, di antara kejenuhan persaingan iOS dan Android? Tentu tanggal 3 Juni nanti akan menjadi momen penentu. Jika hadir dengan spesifikasi dan harga menarik, tentu perangkat Mozilla akan menjadi pilihan baru. ([email protected])