Berita

Mobile Millennium Telah Hadir

Mobile Millennium Telah Hadir
Nokia Research Center luncurkan Mobile Millennium, sebuah aplikasi yang akan mengumpulkan dan mempelajari data lalu lintas dari perangkat bergerak sehingga memungkinkan GPS. Perangkat ini misalnya saja Nokia N96, Nokia N95, dan Nokia E71.

Sebagai bagian dari contoh inovasi terbukanya, Nokia Research Center berkolaborasi dengan UC Berkeley's California Center for Innovative Transportation (CCIT), the California Department of Transportation (Caltrans) dan NAVTEQ untuk merancang, melaksanakan, dan menganalisis sistem lalu lintas.

Berdasarkan sebagian hasil dari percobaan yang dilakukan, Nokia percaya bahwa komunitas pengguna dengan perlengkapan bergerak yang dilengkapi fasilitas GPS bisa membantu dalam mengurangi kemacetan dan jumlah waktu yang dihabiskan di jalan. Selain itu, informasi yang tepat tentang kemacetan lalu lintas membuat pengemudi bisa lebih menentukan keputusan, misalnya berkaitan dengan rute alternatif, transportasi publik, dll.

“Pengembangan perangkat bergerak dengan fasilitas GPS di seluruh dunia sudah mendorong pertumbuhan yang dahsyat dalam pengalaman berbasis lokasi,” kata Henry Tirri, Vice President and Head of Nokia Research Center. Mobile Millennium dirancang sebagai contoh bahwa setiap orang bisa membantu mengatasi masalah seperti kemacetan lalu lintas.

Selain itu, sistem pemantauan lalu lintas tradisional termasuk sensor pavement-embedded, radar pinggir jalan atau kamera memang dapat mendukung data keadaan lalu lintas. Namun sistem-sistem tersebut memakan biaya yang tidak sedikit untuk instalasi dan perawatan, sementara pemantauan terhadap keadaan lalu lintas masih cukup terbatas.

Penggunaan GPS diyakini dapat menyediakan data lalu lintas lengkap tanpa perlu investasi pada infrastruktur baru yang mahal. Data arus lalu lintas bisa dikembangkan untuk memantau jalanan di pinggir kota, jalan di pedalaman, atau jalan lain di mana telepon seluler bisa mendapatkan sinyal.

Data lalu lintas Mobile Millennium adalah bagian dari teknologi penyangga untuk NAVTEQ Traffic yang menyediakan data lalu lintas berskala nasional di Amerika Serikat, termasuk data real-time dari telepon bergerak yang memungkinkan GPS saat berkendaraan di jalan raya.

Sebagai contoh, di California Utara, sejumlah arteri dan jalan raya yang tidak dilengkapi dengan sensor akan mulai menampilkan kondisinya dengan semakin banyaknya pengguna yang bergabung dengan jaringan. Sementara konten yang diaktifkan oleh pengguna sepenuhnya tanpa nama. Setiap data memberi kontribusi pada bagian yang menggambarkan lalu lintas dan bisa memberi keuntungan pada seluruh komunitas pengguna.

Di samping itu, perlindungan privasi dibangun dari teknologi laporan yang digunakan pada Mobile Millennium. Untuk permulaan, para peneliti membangun usaha perlindungan ke dalam sistem, seperti mencegah pengambilan data pemilik dari data lalu lintas yang dimasukkan, menggunakan teknik enkripsi banking-grade untuk melindungui transmisi data, dan mengambil data hanya dari jalan yang ditargetkan. Sistem Privacy by Design ini terus menyaring informasi untuk menghilangkan data yang bisa diikat ke telepon tertentu, meminimalisasi jumlah informasi sensitif yang diciptakan, dipindahkan, atau disimpan.

“Berkeley memberi kontribusi kepada para ahli kami dalam percontohan lalu lintas dan sistem teknik untuk membantu membuat sistem kompleks ini hadir,” ujar Alexandre Bayen, profesor tehnik lingkungan dan publik di UC Berkeley.

Sumber Sda-info IT Asia.17.11.2008