Kiprah AlumniProfil

Ir. Mas Agus Mardyanto, ME, Ph.D

Ir. Mas Agus Mardyanto, ME, Ph.D merupakan alumni Teknik Sipil ITS yang lulus dari jenjang Sarjana pada tahun 1989. Kemudian, pengajar kelahiran Blora ini melanjutkan program master di University of Rorkee, India dan berhasil lulus tahun 1995 dengan predikat First Division with Honours di bidang studi teknik sumberdaya air. Dan gelar Phd didapatnya dari University of Ottawa, Canada pada tahun 2004 untuk bidang studi Teknik Sipil.

Pengalaman mengabdi Mas Agus Mardyanto di ITS tergolong banyak. Di antaranya, pria yang lahir tanggal 16 agustus 57 silam ini sempat menjabat sebagai Kepala Laboratorium Teknik Lingkungan, sebelum diangkat menjadi ketua Program Studi pascasarjana teknik lingkungan pada periode 2005 – 2007. Kemudian beliau terpilih sebagai Ketua Jurusan Teknik Lingkungan sampai masa jabatannya selesai pada tahun 2011. Dalam rentang masa jabatannya tersebut, Mas Agus menerima penghargaan sebagai ketua jurusan berprestasi II ITS pada tahun 2008 serta berhasil mewujudkan pembukaan program S3 jurusan Teknik Lingkungan.

Dari ketua jurusan, Mas Agus kemudian melebarkan medan pengabdiannya ke lingkup yang lebih luas dengan menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) selama lima tahun. Dan pada tahun 2016, amanah yang Mas Agus emban melebar lagi ke lingkup institusi dengan ditunjukknya beliau sebagai Direktur Direktorat Perencanaan dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana.

Lebih jauh lagi, nama Mas Agus muncul dalam bursa 15 bakal calon rector (Bacarek) ITS 2019 – 2024 sebagai wakil dari Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian (FTSLK). Walaupun kemudian namanya tersingkir dalam tahap awal pegerucutan menjadi lima bacarek yang dipilih oleh 21 ribu civitas akademis ITS melalui sistem e-voting. Meskipun begitu, kontribusi Mas Agus tidak berhenti karena justru setelah proses pemilihan rektor beliau diangkat sebagai wakil rektor II. Yang artinya Mas Agus Mardyanto akan membantu Prof. Mochammad Ashari, selaku rektor ITS, di bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarana Prasarana.