Kiprah AlumniProfil

Ibnu Susilo

Ibnu Susilo lahir pada tanggal 29 Mei 1961, ia menempuh pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya jurusan Teknik Mesin Tahun 1980 dan melanjutkan study  Aeronautics & Automotive, Simulation, Military Technology Secondary School.

Ibnu adalah CEO PT FIN KOMODO TEKNOLOGI sejak 2004 sampai sekarang, Ibnu merupakan pribadi yang Open Minded, sejak kecil suka mengembangkan yang berhubungan dengan rekayasa dan teknologi. Kegemaran hobbynya dengan otomotif dan pesawat terbang hingga membuat tugas akhir sarjana pun, membuat motor terbang.

Karir Ibnu di IPTN (Indonesian Aerospace) antara lain Sebagai Konfigurator Design Integration pesawat terbang N-250. Advance Technology Advisor deputy tekonologi BPIS (Badan Pengelola Industri Strategis), Kepala Insinyur design mobil nasional MALEO, Kepala Departemen Master Dimension Definition, bertanggung jawab seluruh bentuk perancangan pesawat terbang N-250,  Sr. Manager untuk Business Unit Engineering & Technology – IAe., Ketua, Group Inovasi untuk Science Center Musium – PP-IPTEK- Taman Mini Indonesia Indah., Tahun 2004 resign dari PT DIRGANTARA INDONESIA (IPTN).

Selanjutnya Karir Ibnu di PT FIN KOMODO TEKNOLOGI  Setelah resign dari PT DIRGANTARA INDONESIA, mendirikan perusahaan swasta dibidang engineering &  Technology dengan nama  PT FIN      KOMODO TEKNOLOGI, Sebagai CEO di PT Fin Komodo Teknologi, telah melaksanakan beberapa project antara lain, Airbus A380 dan A400M, bekerja sama dengan Malaysia mengerjakan design dan analisis composite dan non composite materias,  bagian  sayap, dan ekor. Melakukan rekonstruksi Simulator Kereta Listrik Jabodetabek,  Pembuatan Unman Aerial Vehicle (UAV) pesawat terbang tanpa awak. Mengerjakan beberapa aplikasi teknologi baik untuk sipil maupun militer. Melakukan R&D kendaraan offroad type Cruiser, Fin-Komodo. Design & Build HUET (Helicopter Under Water Escape Trainning). Design & Build Vertical Wind Tunnel untuk pelatihan terjun bebas (free fall).


PT  FIN KOMODO TEKNOLOGI
, adalah perusahaan swasta Nasional yang bergerak di bidang Rekayasa & Teknologi (Engineering & Technology), yang telah berpengalaman dalam bidang design dan analisa pesawat terbang, otomotif, simulator, dan integrasi sistim otomasi. Produk utama kami adalah FIN Komodo yaitu kendaraan offroad jenis CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relative kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relative irit.

Ibnu Susilo terus mendorong Fin Komodo menjadi mobil karya anak bangsa untuk mampu bersaing di pasar dalam negeri yang dikuasai oleh merk asing. Melalui ceruk pasar yang khusus dan membutuhkan desain tertentu, maka Fin Komodo eksis sampai sekarang dan penjualnnya terus meningkat. Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) akan selalu ditemui stan Fin Komodo. Langkah ini tidak sekedar bertujuan aspek bisnis semata, tetapi juga menunjukkan kepada khalayak luas termasuk Pemerintah bahwa mobil nasional karya anak bangsa yang didesain 100% oleh putra-putri Indonesia telah hadir dan eksis mampu bertahan di tengah pasar otomotif yang keras di Indonesia. Ini tentu menjadi inspirasi bagi anak bangsa lainnya untuk berani terjun mewujudkan ide dan impiannya dalam memproduksi mobil karya anak bangsa lainnya.

Pada parade mobil listrik nasional dari Surabaya sampai kantor Kementerian RistekDikti pada bulan September 2019 sebagai bagian perayaan kemerdekaan RI ke-74, mobil Fin Komodo yang dimodifikasi menjadi mobil listrik juga turut serta. Ini menunjukkan bahwa Fin Komodo juga siap mendukung program Pemerintah di mobil listrik. Kecintaan Cak Ibnu (panggilan akrab di alumni ITS) terhadap almamater ITS dan IKA ITS tidak perlu diragukan lagi. Beliau sering menjadi pembicara di kampus, dan hampir selalu hadir di acara Pengurus Wilayah IKA ITS Jawa Barat. Begitu pula ada acara IKA ITS tingkat nasional, Cak Ibnu juga selalu berpartisipasi.