Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Gadis 18 Tahun Ciptakan Supercapasitor

CALIFORNIA, alumniITS.com – Seorang gadis berusia 18 tahun, berhasil menciptakan supercapasitor atau alat yang dapat mengisi penuh daya baterai ponsel, hanya dalam waktu sekitar 20 detik. Untuk penemuannya tersebut, gadis pintar itu diberikan hadiah sebesar USD 50.000.

Gadis tersebut bernama Eesha Khare dari California. Ia menerima penghargaan Young Scientist Award dari Intel Foundation setelah menemukan dan mengembangkan perangkat kecil yang cocok digunakan baterai ponsel.

Alat tersebut memungkinkan, daya baterai terisi penuh antara 20 sampai 30 detik, demikian laporan laman News.com.au, Selasa (21/5).

Perangkat kecil tersebut dapat dipakai hingga 10.000 kali pengisian. Bandingkan dengan baterai biasa yang hanya dapat diisi ulang 1.000 kali.

Gadget tersebut masih diuji coba pada lampu LED untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ia juga sudah mengujinya pada ponsel dan masih mencoba melakukan pengujian terus terhadap temuannya tersebut.

Khare mengungkapkan kepada NBC, ia terinspirasi menciptakan gadget tersebut setelah frustasi, baterai ponselnya selalu tidak bisa bertahan lama meski perlu waktu lama untuk mengisi daya. ([email protected])