Rehat

Blog untuk Penikmat Lawatan

TEMPO Interaktif, Jakarta: Memotret eloknya panorama alam merupakan bagian penting dalam perjalanan Anda. Alangkah sayangnya jika momen-momen menarik nan eksotis, termasuk indahnya danau dan cantiknya pegunungan, tidak terabadikan, baik melalui foto maupun video.

Selain sebagai kenangan, foto dan video itu bisa Anda bagikan dengan para penggemar perjalanan di seluruh dunia.

Anda bisa mengabadikan sekaligus berbagi pengalaman Anda di situs-situs perjalanan, yang berlimpah di dunia maya, tanpa harus punya situs web atau blog sendiri. Selain menyediakan fasilitas gratis, beberapa situs perjalanan menawarkan imbalan uang yang perhitungannya didasari banyaknya foto atau video Anda dilihat oleh pengunjung (pages view).

Salah satu pilihan, situs The Thing Asia (www.thethingasia.com), yang memang khusus dibuat untuk panduan perjalanan wisata di Asia. Selain foto tempat-tempat pelancongan eksotis di negara-negara Asia, situs ini menyediakan artikel panduan wisata oleh para kontributor dari berbagai negara. Setiap minggu ditampilkan foto terbaik di Photo of The Week, selain artikel paling populer minggu itu. Siapa tahu foto Anda terpilih. Tapi, tak ada imbalan uang, pun bila foto dan tulisan Anda banyak dilihat pengunjung.

Berikutnya, Flixya (www.flixya .com) menampung foto dan video dari beragam kategori, termasuk perjalanan wisata. Foto atau video Anda akan mendapat komentar dan penilaian dari pengguna atau pengunjung. Flixya juga menyediakan blog untuk artikel. Imbalan uang didasarkan pada jumlah halaman yang dilihat pengunjung, melalui Google Adsense.

Pilihan lain yang juga menarik adalah Revver (www.revver.com), yang menawarkan bagi hasil: 40 persen pencipta video, 40 persen Revver, dan 20 persen situs lain tempat Anda berbagi video yang sudah diunggah di Revver. Video yang diunggah akan di-review oleh staf Revver. Bila disetujui, kode video tersebut bisa embedded atau ditempelkan ke situs jejaring sosial dan ke Maginy (www.magnify.net) untuk lebih memopulerkan video Anda. Di situs yang disebut terakhir, Anda diberi kesempatan membuat kanal sendiri, misalnya kanal perjalanan wisata yang berisi video Anda dan video orang lain.

YouTube (www.youtube.com) pun menyediakan ruang untuk video perjalanan di antara beragam kategori video, dengan imbalan dolar berdasarkan jumlah halaman yang dilihat melalui Google Adsense.

Ngarto F/Berbagai Sumber