Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

AMD Tertarik Android

JAKARTA, alumniITS.com -  Perusahaan pembuat prosesor Advanced Micro Devices (AMD) selalu mengatakan tidak tertarik memproduksi cip untuk perangkat-perangkat Android. Akan tetapi, pendirian tersebut agaknya mulai berubah belakangan ini.

Dalam surat elektronik yang dilayangkan pada PCWorld, juru bicara AMD Gary Silcott mengatakan, pihaknya akan mengadopsi Android jika diperlukan oleh para rekanan produsen hardware.

“Fokus saat ini tetap Windows, tetapi arsitektur (cip) kami siap menjalankan Android apabila AMD atau mitra pihak ketiga ingin melakukannya,” tulis Silcott.

Meski tidak serius dalam industri mobile, AMD tetap mengembangkan produk untuk perangkat mobile. Perusahaan baru saja merilis produk cip Temash untuk tablet dengan varian dual-core dan quad-core.
 
Secara global, pasar tablet kini masih didominasi oleh platform iOS (iPad) dari Apple, disusul oleh Android yang tumbuh pesat dengan pangsa pasar mencapai 43,4 persen pada kuartal pertama 2013, menurut data Strategy Analytics.

Sementara, angka adopsi Windows 8 yang menjadi platform pilihan AMD sejauh ini masih rendah. AMD sebelumnya telah meluncurkan dua cip untuk tablet Windows, tapi keduanya tak bisa dibilang berhasil.

Lawan ARM dan Intel

AMD akan menunjukkan perangkat-perangkat yang menggunakan produk cip terbarunya pada pameran Computex 2013 yang akan berlangsung di Taipei, awal Juni mendatang.

AMD bersaing dengan ARM yang produknya banyak digunakan di tablet yang beredar sekarang dan Intel yang tahun ini akan merilis cip Bay Trail untuk tablet Android. Produk dari kedua rival AMD ini sudah selangkah lebih maju dengan mendukung Android versi 4.2.

Berbeda dengan Intel yang menyasar segmen low-end dengan kisaran harga 200 hingga 399 dollar AS, AMD tidak tertarik membuat tablet murah.

Cip Temash buatan AMD yang mendukung sistem operasi 64-bit pun dioptimalkan untuk tablet berkinerja tinggi dan laptop low-end.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Temash, menurut direktur lini produk notebook AMD Kevin Lansing, adalah kinerja grafis yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Cip ini menggunakan basis arsitektur “Jaguar” yang juga dipakai pada konsol game Xbox One dan PlayStation 4. ([email protected])