Berita

Wikipedia Bisa Diedit Via Perangkat Mobile


CALIFORNIA, alumniITS.com – Wikipedia sebagai ensiklopedia online terbesar saat ini baru saja mengumumkan jika penggunanya telah bisa melakukan proses editing pada tiap konten yang ada di dalamnya melalui perangkat mobile.

Untuk melakukan proses editing melalui perangkat mobile seperti gadget atau tablet, pengguna tinggal mendaftarkan diri mereka melalui fitur Wikimedia account.

Dilansir VR-Zone (26/7), alasan Wikipedia meluncurkan layanan editing melalui perangkat mobile ini dikarenakan saat ini pengguna Wikipedia yang mengakses situs tersebut dari perangkat mobile telah mencapai angka 15 persen dari total penggunanya. Dengan angka yang cukup besar tersebut, pihak Wikipedia merasa perlu untuk mengadakan layanan ini.

“Untuk perilisan edisi pertama ini, kami ingin menciptakan sebuah fitur yang dapat memberikan pengalaman yang cepat, nyaman, dan mudah baik untuk para pengguna baru ataupun para editor berpengalaman.” ujar Juliusz Gonera, selaku perwakilan Wikipedia.

Untuk menggunakan fitur layanan ini sendiri, setelah membuat akun Wikimedia, maka pengguna akan secara otomatis akan menemui ikon berupa pensil di sebelah kiri atas halaman Wikipedia di perangkat mobile. Dengan menekan tombol tersebut, maka Anda dapat mulai untuk mengedit konten yang ada di ensiklopedia online tersebut.

“Kami sengaja membuat fitur ini hadir dalam bentuk sederhana, sehingga nantinya dapat diketahui fitur apa saja yang akan dibutuhkan para pengguna nantinya,” tambah Gonera. (endy)