Berita

Waspadai, Tagihan Game di iPad Membengkak

LONDON, alumniITS – Sebagai orangtua ada baiknya mendampingi anaknya, ketika bermain menggunakan iPad. Ada baiknya orangtua tidak memberikan password akun iTunes sembarangan.

Dilansir digitalspy, Jumat, (1/3), bocah lima tahun bernama Danny Kitchen, melakukan pembelian app-item di iTunes Application Download Store iPad hingga tagihan kredit orangtuanya mencapai USD2.579.

Mulanya, Danny sedang bermain game free-to-play yang berjudul “Zombies vs Ninjas” ketika meminta password iTunes kepada Ayahnya. Danny justru menggunakan kesempatan itu untuk membeli keperluan, yang dapat menunjang performanya dalam permainan “Zombie vs Ninjas” tersebut.

Sharon, Ibu Danny, dalam wawancaranya dengan Daily Mail mengungkapkan, “Danny membeli 333 bom di game “Zombies vs Ninjas” untuk menangkis zombie dengan harga USD1.060 di app-item sampai dengan 19 kali dalam 10 menit!”

Menanggapi hal ini pun juru bicara Apple menjelaskan adanya panduan Parental Control pada iTunes, agar orangtua dapat mematikan pilihan pembelian di iTunes.

Selain itu juga agar orangtua dapat mengawasi serta membatasi akses anak terhadap konten-konten berbahaya. Maka sebaiknya tidak memberikan password kepada mereka. ([email protected])