Berita

USB Mampu Transfer Data 10 Gigabyte per detik

JAKARTA, alumniITS – Kebutuhan masyarakat akan data transfer yang cepat semakin meningkat akhir-akhir ini. Apalagi, saat ini jumlah data yang ditransfer tiap detiknya rata-rata sudah berukuran Gigabyte.

Setelah sebelumnya muncul USB 3.0 yang kecepatannya lebih baik dari USB 2.0, kali ini akan ada USB 3.0 versi terbaru. Diyakini dalam versi terbaru ini akan ada peningkatan kecepatan dari 5 gigabit per detik menjadi 10 Gigabyte per detik.

Teknologi ini dikabarkan akan rampung pada pertengahan 2013 ini, lansir Cnet (6/1). Namun, USB 3.0 terbaru ini baru efektif akan dipasarkan kepada masyarakat pada tahun 2014 mendatang.

Tercatat beberapa perusahaan IT sudah bergerak untuk mengembangkan lebih lanjut USB 3.0 terbaru ini untuk digunakan dalam produk-produk mereka. Perusahaan ini antara lain Intel, Hewlett-Packard, Microsoft, Renesas Electronics, ST-Ericsson, dan Texas Instruments.

Bentuk dari port USB ini nantinya sama dengan yang dipakai dalam USB 3.0. Hanya saja, agar bisa menggunakan kecepatan USB 3.0 terbaru ini, nantinya setiap perangkat elektronik harus sudah dilengkapi dengan perangkat USB terbaru.

USB adalah perangkat yang dapat menghubungkan suatu perangkat elektronik dengan perangkat elektronik lainnya. Karena fungsinya yang luas, USB ini dipakai dalam berbagai alat elektronik mulai dari telepon seluler, kamera digital, hingga komputer. Saat ini USB banyak dipilih para produsen IT karena mudah dan ringkas pemakaiannya. (endy – [email protected])