Berita

Universitas Hong Kong Tawarkan Kuliah Online Gratis

HONG KONG, alumniITS:
Tahun 2013, Hong Kong University Science andTechnology (HKUST) menawarkan kuliah online gratis dengan menggandeng beberapa universitas top dunia, seperti Stanford dan Princeton University.

Perkuliahan yang ditawarkan oleh kampus ini diselenggarakan melalui sebuah perusahaan teknologi pendidikan, Coursera. Pada 2008, Coursera pertama kali mulai menawarkan pendidikan online gratis kepada satu lusin kelas teknik di Stanford.

Andrew Ng, seorang profesor ilmu komputer di Stanford, mendirikan Coursera bersama dengan prosefor Stanford lainnya, Daphne Koller. Ng mengatakan, Coursera bermitra dengan 33 universitas dari seluruh dunia dan membuat beberapa program perkuliahan online yang tersedia gratis untuk khalayak luas.

Bulan lalu, sekira 1,7 juta mahasiswa dari 196 negara telah terdaftar untuk setidaknya satu perkuliahan. “Saya ingin hidup di dunia di mana setiap orang memiliki akses ke pendidikan berkualitas tinggi. Sebab, pendidikan bukan hanya untuk yang memiliki hak istimewa,” papar Ng, seperti dikutip dari The Standard, Selasa (13/11/2012).

Pria yang dibesarkan di Hong Kong dan Singapura serta kemudian pergi meninggalkan kedua negara itu ketika berusia delapan tahun, ini mengatakan, beberapa siswa dari negara-negara yang relatif kurang berkembang, seperti China dan India, mungkin tidak mampu membayar pendidikan tinggi.

Coursera menawarkan 199 program perkuliahan mencakup humaniora, kedokteran, biologi, ilmu sosial, matematika, bisnis, ilmu komputer, dan sebagainya.

Kebanyakan video menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Tetapi beberapa memiliki teks bahasa China, Rusia, dan Perancis yang disiapkan oleh mahasiswa relawan. Setiap perkuliahan memakan waktu empat hingga 10 minggu dan mereka yang berhasil menyelesaikan perkuliahan tersebut akan mendapatkan sertifikat.

Ng menambahkan, pendapatan Coursera berasal dari sertifikat yang diberikan kepada mahasiswa dan dari perusahaan yang mencari mahasiswa yang sesuai dengan kriteria mereka.

HKUST merupakan universitas pertama di Hong Kong untuk menawarkan program Coursera online. Profesor dari Departemen Ilmu Komputer dan Teknik HKUST Pong Ting-chuen mengungkapkan, pendidikan online memungkinkan siswa untuk membentuk sebuah komunitas global.  (endy – [email protected])