Berita

Toyota Bakal Investasi Rp 13 Triliun di Indonesia

TOKYO, alumniITS:
Toyota group. perusahaan otomotif asal Jepang tertarik investasi di Indonesia. Dan berencana menginvestasikan sekitar  Rp 13 triliun, selama lima tahun ke depan dalam memperluas produksi kendaraan di Indonesia.

Toyota Motor dan lima  perusahaan afiliasinya akan  membuat langkah  baru  “mengingat pertumbuhan yang luar biasa dari pasar Indonesia dalam beberapa tahun terakhir”, Hal  ini   diuatrakan  pihak Toyota  Corporatioan  Jepang  yang dilansir  Japan Today  Senin  (12/11/2012).

Dengan   Investasi  yang ditanamkan  Toyota   akan menciptakan 9.000 lapangan kerja baru, meningkatkan total angkatan kerja kelompok di Indonesia menjadi sekitar 41.000, menurut media Jepang.

“Toyota Motor  unit usaha di Indonesia, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), akan membeli 150 hektar  tanah di dekat dua pabriknya di Karawang luar Jakarta untuk membangun pabrik mesin baru,” kata pernyataan itu.

TMMIN akan meningkatkan produksi tahunan dari salah satu pabriknya  di  Karawang   Jawa  Barat  dari 110.000 unit  menjadi 130.000 kendaraan pada bulan September 2013 untuk memperkuat pasokan truk pickup, minivan dan kendaraan sport utility.

Sementara  kelima perusahaan  Toyota  Group yang  akan  memperluas  investasinya  antara lain  Daihatsu Motor, Toyota Auto , Aisin Seiki, Denso dan Toyota Tsusho.

Dalam  sebuah  pernyataannya   proyek perluasan, Toyota Auto Body akan memulai produksi kendaraannya bulan Desember mendatang. 

Sementara  Daihatsu Motor juga akan memulai pembangunan jalur tes kedua dan pusat desain di luar Jepang-di salah satu pabriknya Karawang-akhir tahun ini.

Enam perusahaan kelompok itu  telah menginvestasikan sekitar  Rp 27 triliun   lebih dari empat dekade  sementara  Toyota Motor  sekitar   Rp  9,5 triliun, kata pernyataan itu.

Investasi yang kuat dan pengeluaran domestik Indonesia tetap merupakan salah satu pemain terbaik di Asia. Perekonomian terbesar di Asia Tenggara pada Senin mengumumkan pertumbuhan 6,2% pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya.  (endy – [email protected])