Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Telkom Pasang 100.000 Access Point Wi-Fi

JAKARTA , alumniITS:
Telkom akan memasang 100.000 access point jaringan nirkabel (Wi-Fi) di perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di Jakarta pada 2013. Pemasangan Wi-Fi di institusi pendidikan ini merupakan bagian dari program pemasangan 1 juta access point pada tahun depan.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Arief Yahya menuturkan Jakarta akan menjadi pilot project dari program pemasangan Wi-Fi di sekolah dan perguruan tinggi. Pemasangan mulai dioperasikan setelah masa kerja Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mencapai 100 hari.

“Telkom berkomitmen untuk memasang 100.000 Wi-Fi di sekolah-sekolah. Pak Jokowi dan  Pak Nuh [Mendikbud Muhammad Nuh] saya janjikan itu. Kami siap,” kata Arief saat ditemui di Markplus Conference 2012, Kamis (13/12/2012).

Dengan perhitungan satu sekolah dihuni 200 siswa, Telkom akan memasang 20 access point di tiap sekolah. Pemasangan sebuah access point memerlukan anggaran sekitar Rp200.000.

“Itu artinya, perusahaan harus menggelontorkan dana sekitar Rp4 juta untuk memasang 20 access point di sebuah sekolah. Untuk dapat mencapai target, yakni pemasangan 100.000 access point, perusahaan mengeluarkan dana sekira R20 miliar,” ungkapnya.

Menurut Arief, sebagian dana pemasangan Wi-Fi di institusi pendidikan pada  2013 diambil dari anggaran corporate social responsibility (CSR) Telkom. Dia berencana memasang tarif akses Internet via Wi-Fi hanya Rp1.000 setiap hari selama jam belajar di sekolah.

“Biar tidak ketinggalan dengan Malaysia yang sudah terkoneksi sekolah-sekolahnya. Kami harapkan minimal selama jam sekolah,” tutur Arief.

Selain akan memasang Wi-Fi di institusi pendidikan, Telkom berencana memasang Wi-Fi di pesawat Garuda Indonesia yang baru. Namun, rencana ini tidak akan terealisasi cepat. Paling tidak 2 tahun kemudian rencana baru terwujud.

“Kemarin saya naik pesawat dari Singapura ke New York tidak terputus komunikasi. Saya dengan enak menggunakan Wi-Fi,” ujar Arief.  (endy – [email protected])