Berita

Telkom Genjot Penyediaan Wifi di Sekolah


JAKARTA, alumniITS.com – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyatakan terus berupaya memenuhi komitmen membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi sekolah-sekolah di Tanah Air, melalui program Indonesia Digital School (Indischool).

Sejak program Indischool diluncurkan pada Januari 2013, sampai saat ini Telkom telah berhasil memberikan akses wifi di 17.845 sekolah di seluruh Indonesia. Pencapaian angka ini disebut merupakan perjalanan komitmen Telkom untuk mengejar target implementasi pemasangan akses wifi di 100.000 sekolah.

“Melalui program Indischool, Telkom siap menyediakan fasilitas TIK untuk pendidikan sebagai upaya peningkatan dan perluasan kualitas pendidikan. Telkom berkomitmen untuk memberikan koneksi Internet Broadband sebagai sarana komunikasi dan pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah,” jelas Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, dalam siaran resminya di Jakarta, Senin (19/8).

Awaluddin menjelaskan, tahapan implementasi program Indischool ini menggunakan strategi 3C, yakni “connectivity”, “content” dan “community”. Adapun connectivity adalah penggelaran infrastruktur akses wifi ke 300.000 sekolah pada tahun 2015.

Sedangkan content adalah penyiapan Indonesia Cloud of Knowledge, yakni sebuah edu-cloud atau layanan komputasi awan untuk sekolah dengan fasilitas publik cloud di dalamnya. Layanan ini ditargetkan mampu menyediakan 1.000 konten pendidikan pada tahun 2015.

Untuk strategi community, yakni pengelolaan Indischool Smart Community melalui Super Portal, memiliki target 1 juta user/komunitas di tahun 2015. Ketiga tahapan tersebut menjadi acuan bagi Telkom dalam menyukseskan program Indischool bagi dunia pendidikan Indonesia hingga 2015.

“Program Indischool, selain menyasar sekolah di perkotaan juga diluncurkan untuk sekolah di area pulau terluar, area perbatasan, maupun daerah terpencil,” terang dia.

Saat ini, menurut Awaluddin, program Indischool telah terpasang di 17 lokasi. Antara lain terdiri dari sekolah-sekolah di Pulau Sabang, Pulau Enggano, Bengkalis, Kabupaten Sambas, Pulau Sebatik, Kabupaten Seruyan, Pulau Rote, Pulau Alor, Pulau Bandaneira, Merauke, Pulau Selayar, Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Pulau Balai Karimun, Kecamatan Mekarsari Kabupaten Gunung Halu Jabar, Pulau Pramuka, dan di Rengasdengklok dengan SMAN 1 merupakan sekolah ke 17.845 di program ini.

EGM Divisi Telkom Barat, Prasabri Pesti menambahkan, terdapat berbagai keunggulan dan metode aktivasi layanan Indischool yang begitu mudah dan murah. Dukungan operator besar seperti Telkomsel dan Flexi, menurutnya akan sangat memudahkan bagi siswa dan guru untuk mendapatkan user ID & password.

“Mereka dapat mengakses dengan cara SMS ketik INDI <spasi> 1000, kirim ke 2323 untuk mendapatkan akses internet Indischool selama satu hari,” jelasnya.

Dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) serta dinas pendidikan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota, maka Telkom menyatakan optimistis untuk dapat menggelar Indischool di 100.000 sekolah sampai akhir tahun 2013. Hal ini disebutkan juga merupakan bagian dari upaya Telkom untuk menggelar satu juta titik Wifi di seluruh Indonesia. (endy)