Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Telkom Bangun Jaringan Fiber Optik 400 Km di Aceh


BANDA ACEH, alumniITS.com – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) akan membangun jaringan Fiber Optik (FO) sepanjang 400 kilometer di jalur tengah Aceh. Dibangunnya jaringan FO itu merupakan upaya Telkom Indonesia untuk mewujudkan pemerataan pembangunan telekomunikasi antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Direktur Network IT & Solution Telkom, Rizkan Chandra mengatakan penggelaran FO di jalur tengah ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akses telekomunikasi (suara dan data) yang lebih besar. Setiap lapisan masyarakat Indonesia berhak mengakses informasi yang sama.

Jaringan FO itu nantinya akan menghubungkan Kabupaten Biruen, Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Tengah, Kab. Gayo Lues dan Kab. Aceh Tenggara hingga ke Kabanjahe, Kab. Karo Sumatera Utara.

Pembangunan FO ini juga merupakan bagian dari program nasional Indonesia Digital Network (IDN) 2015 guna mendukung Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Kami meyakini kemudahan mengakses informasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Rizkan melalui keterangannya, Rabu (28/8/2013).

Pengembangan jalur tengah, khususnya kawasan pegunungan di Aceh kini menjadi fokus perhatian pemerintah provinsi Aceh. Potensi dan pertumbuhan di kawasan yang membelah ekosistem Leuser itu diharapkan dapat didorong lebih cepat dengan kehadiran infrastruktur ICT yang lebih baik.

Saat ini, dengan hanya mengandalkan jaringan tembaga dan radio, maka akses data dari dan ke kawasan itu belum dapat memenuhi ekspektasi masyarakat di sana.

“Pengerjaan proyek FO-nisasi di jalur tengah Aceh sejauh 400 kilometer itu diharapkan dapat mendorong tersediaanya berbagai layanan ICT yang dapat memenuhi harapan masyarakat di dataran tinggi Gayo-Alas,” pungkas Rizkan lagi. (endy)