Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Telat Laporkan Keuangan, 52 Emiten Ditegur

JAKARTA, alumniITS.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) menegur 52 emiten yang terlambat menyampaikan laporan keuangan auditan yang berakhir per 31 Desember 2012. Batas waktu penyerahan laporan keuangan tahun lalu paling lambat 1 April 2013.

Dalam keterangan tertulis yang diteken Kadiv Penilaian Perusahaan Sektor Riil I Gede Nyoman Yetna dan Kadiv Penilaian
Perusahaan Sektor Jasa Umi Kulsum, tiga dari 52 emiten yang terlambat tersebut telah menyampaikan alasan keterlambatan penyerahan laporan keuangan.

Ketiga emiten tersebut adalah PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU), PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA), dan PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA). Sedangkan 49 emiten tidak menyampaikan informasi keterlambatan penyampaian laporan keuangan.

“Bursa telah memberikan peringatan tertulis I kepada 52 perusahaan tercatat yang tidak memenuhi kewajiban penyampaian laporan keuangan auditan per 31 Desember 2012 secara tepat waktu,” jelas laporan itu seperti dikutip dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, Senin (8/4/2013).

Sementara tujuh emiten tercatat yang belum wajib menyampaikan laporan keuangan, terdiri dari satu perusahaan yang
mengikuti Peraturan Bapepam dan LK No.X.K.7 dan enam perusahaan yang berbeda tahun buku pada Maret, Mei, dan September. “Sebanyak 408 emiten dari total 467 perusahaan tercatat telah menyampakan laporan keuangan tepat waktu,” jelasnya. ([email protected])