Berita

Tak Ingin Gagal, Indonesia Harus Benahi 3 Hal


BANDUNG, alumniITS:
Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menilai Indonesia akan menjadi negara yang termasuk “The Middle Income Trap” apabila gagal dalam tiga hal. Kegagalan itu, antara lain gagal dalam membangun infrastruktur, gagal membangun kemandirian pangan dan gagal memberikan program sosial. Terlebih sejak 2003 Indonesia masuk dalam negara “middle incom country”.
 
“Berdasarkan sebuah studi tidak banyak negara yang berhasil keluar dari The Middle Income Trap karena hanya 11 negara saja yang bisa keluar,” kata Hatta Rajasa di Bandung, Sabtu (24/11).
 
Menurutnya, di bidang ekonomi, nasionalisme tetap diperlukan. Hanya, nasionalisme yang dipahami bukan sekadar menolak segala hal yang berbau asing. Akan tetapi, meningkatkan daya saing dan kemandirian sebagai sebuah bangsa.
 
Nasionalisme jangan sampai dipahami sekadar menghentikan produk impor. Karena apabila itu yang dipahami pada yang saat bersamaan negara lain pun akan menghentikan ekspor Indonesia. 

Dengan kondisi tersebut sangat tidak menguntungkan ditengah-tengah pergaulan global. Indonesia tidak bisa mengalianeasi diri apabila ingin mengejar keteringgalannya, paparnya.
 
“Pada intinya ketika berbicara nasionalisme di bidang ekonomi, maka saya tidak percaya dengan efektifitas sistem neoliberalisme.

Karena sistem tersebut tidak akan mampu mengintervensi keserakahan demi terciptanya pasar berkeadilan,” sambungnya seperti dilansir bisnis.com  (endy – [email protected])