Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Tablet dengan Kendali Otak Dikembangkan

TAIWAN, alumniITS.com – Samsung dikabarkan tengah mengembangkan sebuah tablet yang bisa dioperasikan hanya dengan kendali otak penggunanya tanpa perlu melakukan sentuhan pada layarnya.

Seperti dikutip dari Ubergizmo (21/04), Samsung tengah melakukan kerja sama dengan Roozbeh Jafari, seorang peneliti sekaligus asisten profesor di Fakultas Electrical Engineering, University of Texas, Dallas.

Untuk mengembangkan teknologi ini, pihak peneliti tersebut tengah mengembangkan sebuah alat pengontrol berupa penutup kepala EEG yang didesain khusus untuk menangkap gelombang otak penggunanya.

Dilansir Engadget (20/04), penutup kepala EEG ini akan mengukur dan menangkap aktivitas elektrik di kulit kepala penggunanya. Dari sinyal elektrik tersebut pengguna bisa membuat pilihan dengan melihat dan melakukan kedipan dalam frekuensi tertentu yang akan dikenali sistem penutup kepala tersebut sebagai pola yang unik.

Akurasi ketepatan dari alat ini secara umum mencapai 80-95 persen dan pengguna bisa memilih ikon yang berbeda dalam jangka waktu setiap 5 detik sekali.

Untuk tabletnya sendiri, dalam percobaan kali ini peneliti tersebut menggunakan tablet Samsung Galaxy Note 10.1.

Nantinya, teknologi ini diharapkan dapat membantu kaum disabilitas untuk mempermudah aktivitas keseharian mereka dalam menggunakan tablet.

Diharapkan nantinya para pengguna tersebut dapat melakukan aktivitas seperti mematikan atau menghidupkan tablet dan memutar musik tanpa harus harus menyentuh layar tablet mereka. ([email protected])