Berita

Standar Kapal Konvensional Diberlakukan


JAKARTA, alumniITS:
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mulai memberlakukan peraturan standar dan teknis pelaksanaan kapal-kapal non konvensi berbendera Indonesia (Non-Conventional Vessel Standards/NCVS) yang bertujuan meningkatkan keselamatan kapal non-konvensional berbendera Indonesia.

Menteri Perhubungan E.E Mangidaan menyatakan standar tersebut mengatur kapal-kapal dengan bobot sampai dengan 500 gross ton (GT) yang berlayar di laut nasional. Sedangkan kapal-kapal diatas 500 GT diwajibkan mengikuti peraturan Safety of Life at Sea (SOLAS).

“Aturan ini diharapkan dapat memajukan daya saing industri pelayaran Indonesia, dan meningkatkan keselamatan transportasi laut,” kata dia, Selasa (11/12/2012).

Dia menegaskan NCVS dan petunjuk teknis pelaksanaannya juga wajib menjadi rujukan bagi industri pelayaran, misalnya dalam membangun kapal dan memproduksi peralatan keselamatan yang sesuai untuk kapal-kapal non-konvensi.

“Sehingga daya saing industri pelayaran dalam negeri terus meningkat dan perannya dalam pengembangan ekonomi kawasan menjadi lebih signifikan,” tandasnya seperti dilansir liputan6.com

Penyusunan NCVS dikembangkan berdasarkan Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang pelayaran yang mengamanatkan pemerintah untuk melakukan pengaturan di bidang pelayaran yang meliputi penetapan kebijakan umum dan teknis, antara lain penetuan norma, standar, pedoman, kriteria, perencanaan, dan prosedur termasuk persyaratan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perizinan (Pasal 5 ayat 3).

Tujuan pengembangan kegiatan kerjaama NCVS ini adalah untuk menyiapkan dan mengimplementasikan standar yang komprehensif dan praktis bagi kapal-kapal berbendera Indonesia dengan tujuan utama untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan efisiensi pengoperasian kapal. (endy – [email protected])