Berita

Skyscanner Tawarkan Destinasi Wisata Halal

JAKARTA, alumniITS:

Skyscanner, situs pencari travel membuat terobosan dengan memperkenalkan paket tujuan-tujuan wisata favorit yang halal bagi pelancong muslim Indonesia.

“Bersamaan dengan kemampuan daya beli yang meningkat, Skyscanner melihat adanya pertumbuhan kebutuhan untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai traveling bagi muslim di Indonesia. Kami ingin berbagi beberapa daerah tujuan wisata yang kami pilih berikut dengan keterangan yang informatif yang mempermudah perencanaan perjalanan alternatif bagi kelompok pelancong ini,” kata Ira Noviani, Manajer Pengembangan Pasar untuk Indonesia Skyscanner dalam keterangan tertulisnya yang diterima alumniITS.com di Jakarta, Kamis (11/10).

Menurut dia, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, cukup mengejutkan bahwa tidak banyak biro perjalanan yang menawarkan paket-paket liburan halal. Saat ini, sebagian besar didominasi oleh biro-biro perjalanan untuk mengatur perjalanan haji/umrah.

Padahal, kata dia, menurut sebuah survei yang dikutip oleh AFP pada Juli 2012, pertumbuhan pengeluaran muslim meningkat dengan sangat pesat dan diprediksi akan mencapai US$192 miliar per tahun pada 2020.

Beberapa rekomendasi liburan halal yang ditawarkan Skynner antara lain di Korea Selatan. Melalui situs ini, para pelancong muslim, akan mudah menjumpai kuliner halal dan berbagai masjid selama berwisata di tanah yang masih menjunjung budaya tradisional namun juga dipenuhi kilauan bintang pop ini.

Ada juga toko-toko grosir dan pasar-pasar yang menjual daging halal dan bahan-bahan makanan lainnya, restoran-restoran halal, mulai dari Pakistan sampai Mesir, dan lainnya. Harga penerbangan PP dari Jakarta ke Seoul dimulai dari Rp4.491.000.

Wisata Istanbul, Turki, juga menjadi pilihan. Kota ini merupakan tempat di mana kekayaan budaya Islam berada, dengan begitu banyak monumen-monumen Islami di berbagai penjuru kota.

Para pengunjung bisa berjalan-jalan di distrik Sultan dan melihat lebih dekat bangunan-bangunan bersejarah yang didirikan Kekaisaran Ottoman pada pertengahan 1400-an, dan kuliner lezat Turki dan Mediterania yang halal. Harga tiket penerbangan PP dari Jakarta ke Istanbul mulai dari Rp7.047.000.

Ada pula Granada Spanyol yang kaya akan sejarah kuno peradaban Islam di Eropa. Kota ini dan daerah sekitar memiliki monumen-monumen warisan sejarah seperti Istana Alhambra dan Royal Kapel. Harga tiket penerbangan PP dari Jakarta ke Granada mulai dari Rp13.513.000.

Tak ketinggalan Australia juga menjadi rujukan. Di sini terdapat arsitektur-arsitektur kebangkitan Gothic di sepanjang pantai di St. Kilda sampai gedung-gedung pencakar langit di distrik pusat bisnis, Kota Melbourne yang multi etnis dan multi budaya dan memiliki komunitas Muslim yang cukup besar. Harga tiket penerbangan PP dari Jakar ta ke Melbour ne mulai dari Rp4.190.000.

Skyscanner adalah situs pencarian perjalanan yang menyediakan perbandingan online untuk jutaan penerbangan di lebih dari seribu perusahaan penerbangan, juga hotel dan penyewaan mobil.

Situs ini pertama kali diluncurkan pada 2003 di Edinburgh, Skotlandia. Per usahaan ini kemudian tumbuh menjadi perusahaan situs pencarian penerbangan nomor satu di Eropa dan telah membuka kantornya di Singapura tahun lalu untuk membantu mengembangkan brand Skyscanner di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia.

Situs pencari perjalanan ini tersedia dalam 30 bahasa, termasuk Thailand, Jepang, Rusia, dan Indonesia serta mencakup lebih dari 70 mata uang di dunia. (ndy)