Berita

Singapura Ciptakan Aplikasi Shalat di Pesawat


SINGAPURA, alumniITS.com – Guna membantu umat muslim dalam menjalankan ibadah salat, khususnya saat dalam perjalanan udara, sebuah perusahaan berbasis di Singapura menciptakan sebuah aplikasi yang akan menunjukkan waktu dan arah kiblat meskipun kita tengah berada 35 ribu kaki di atas tanah.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kita cukup memasukkan informasi dan detail perjalanan. Lalu, aplikasi ini akan memberikan jadwal salat dan arah kiblat.

Perusahaan Crescentrating pun berencana menjadikan aplikasi ini gratis untuk diunduh melalui ponsel pintar Android. “Mudah-mudahan aplikasi yang bernama Crescent Trips ini bisa segera tersedia dalam beberapa bulan ke depan,” kata Kepala Eksekutif Crescentating Fazal Bahardeen seperti dilansir Globalpost.com, Rabu (14/8/2013)

Selain waktu salat dan arah kiblat, aplikasi ini juga menghadirkan beberapa audio doa-doa yang dibaca dalam salat. “Wisatawan muslim kini mungkin merupakan jumlah terbanyak di sektor pariwisata. Maka itu, aplikasi ini pastinya akan sangat berguna dan memiliki pasar yang luas,” kata Kepala Operasi Crescentrating Dany Bolduc.

Jumlah wisatawan muslim memang terbilang meningkat tajam dalam beberapa tahun belakangan. Secara global, wisatawan muslim diperkirakan mengeluarkan US$192 miliar per tahun pada 2020, meningkat dari US$126 miliar pada 2011, menurut hasil studi tahun lalu yang digelar Crescentrating dan DinarStandard. (endy)