Berita

SAT Thailand Tertarik Investasi di Indonesia

BANGKOK, alumniITS – Somboon Muka Technology Plc (SAT), produsen suku cadang yang terdaftar di Bursa Thailand, berencana membangun pabrik di Indonesia sebagai investasi luar negeri pertama, sebelum berekspansi ke China Selatan.

Presiden Direktur SAT Yongkiat Kitaphanich mengatakan pabrik pertama perseroan di Indonesia ditargetkan sudah beroperasi dalam tiga tahun ke depan untuk memanfaatkan pertumbuhan industri otomotif di Asia Tenggara yang terus meningkat.
Grup Somboon, yang merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun lalu, juga ngin mendirikan sebuah pabrik di China Selatan.

Kemungkinan rencana ini sudah terealisasi dalam 10 tahun ke depan untuk melayani rencana investasi dari produsen mobil kelas kakap seperti General Motors, Ford dan Toyota di daratan China.

Dengan pendapatan penjualan lebih dari 9 miliar baht pada 2012, SAT mengekspor 20% produknya ke negara-negara ASEAN, dimana setengah masuk ke Indonesia.

“Sejauh ini Thailand telah menjadi pemasok suku cadang ke negara-negara tetangga. Kami berencana membentuk usaha patungan dengan mitra lokal untuk mendirikan pabrik di Indonesia untuk melayani permintaan dalam negeri,” katanya seperti dikutip dari Bangkok Post, Senin (28/1/2013).

Perseroan meramalkan pasar utama ASEAN seperti Thailand, Indonesia, Filipina dan Singapura akan semakin meningkat dalam lima tahun ke depan, sementara Vietnam bisa membutuhkan waktu hingga 10 tahun.

SAT juga masih mencari mitra asal Jepang dan China untuk membangun sebuah pabrik di China, di mana produk domestik bruto dan permintaan kendaraan di negara itu tumbuh cukup signifikan. “Jika kami menjadi pelopor di sana, maka kesempatan untuk menangkap permintaan pasar akan semakin besar,” tuturnya. ([email protected])