Berita

Samsung Gandeng Mozilla Buat Web Browser

TAIWAN, alumniITS.com – Samsung dan Mozilla mengumumkan langkah kerjasama yang mengejutkan. Keduanya menjalin kerjasama untuk membangun web browser engine generasi berikutnya dengan teknologi canggih.

Web browser ini akan dipanggil dengan “Servo”, dan nantinya akan dapat digunakan di seluruh perangkat ARM dan perangkat berbasis sistem operasi Android.

Seperti diketahui, saat ini Samsung mendominasi pasar perangkat mobile bersistem operasi Android. Namun kerjasama Samsung dan Mozilla untuk membuat web browser engine baru untuk Android kemungkinan akan membuat Google cemas.

Seperti yang disebutkan TheVerge, Jumat (5/4/2013), Servo nantinya akan menjadi pesaing WebKit, sebuah web browser engine yang saat ini digunakan oleh semua perangkat Apple dan Google. Namun tidak menutup kemungkinan Servo akan bersaing dengan Google Chrome.

Servo dibangun dengan bahasa pemrograman Mozilla Rust. Menurut Mozilla, Samsung telah memberikan kontribusi ARM backend untuk Rust dan infrastruktur yang diperlukan untuk membangun cross-compile ke Android. Mozilla akan menggunakan arsitektur komputasi multi-core untuk menunjang kecepatan berselancar di internet.

Mungkinkan Mozilla dan Samsung akan menyasar platform mobile? Ini menarik, mengingat Mozilla saat ini sedang mengembangkan sistem operasi mobile Firefox OS, sedangkan Samsung saat ini menjadi produsen smartphone paling sukses berkat Android. (endy)