Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Rusia Tertarik Bangun Rel Kereta di Kalimantan


JAKARTA, alumniITS:
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tunjung Inderawan mengatakan Pemerintah Rusia akan membangun rel kereta api di Kalimantan Timur bagian Selatan.

“Sekarang sedang melakukan studi,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, di sela-sela kegiatan “Review Masterplan Jalur KA Pulau Kalimantan”, di Jakarta, Selasa, 13 November 2012.

Ia menjelaskan, jalur tersebut akan menyusuri batas provinsi dan keluar di pantai timur Kalimantan. Rusia membangun jalur tersebut untuk pengangkutan batu bara. Meski demikian, Tundjung berharap di masa yang akan datang, Rusia akan menyediakan slot untuk penumpang.

Sebelumnya Duta Besar Rusia untuk Indonesia Alexander Ivanov pernah mengatakan Joint Stock Company Russian Railways berencana membangun jalur kereta di Kalimantan Timur. “Panjangnya 200 kilometer,” kata Ivanov ketika ditemui Tempo di kantornya, September silam.

Ivanov mengatakan perusahaan tersebut juga akan berinvestasi untuk pengembangan infrastruktur terkait. Rel sepanjang 200 kilometer tersebut dibangun sebagai prasarana transportasi batu bara menuju pelabuhan yang ada di Kalimantan Timur. “Untuk pengoperasian rel tersebut, para ahli dari Rusia akan didatangkan untuk melatih tenaga ahli Indonesia,” jelasnya.

Selain membangun rel menuju pelabuhan, JSC Russian Railways juga berencana merekonstruksi rel di dalam area pelabuhan, serta membangun stasiun pembangkit tenaga batu bara.

Ivanov mengungkapkan, proyek ramah lingkungan itu telah mendapat dukungan, baik dari pemerintah pusat Indonesia, maupun pemerintah provinsi Kalimantan Timur. “Para pihak yang terkait sudah menandatangani dokumen kerjasama untuk membangun rel tersebut. Total investasi proyek itu mencapai US$ 2,5 miliar,” papar Ivanov.

Ivanov menambahkan proyek tersebut sejalan dengan rencana pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur. “Karena memang sepengetahuan kami, pengembangan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah Indonesia,” kata Ivanov seperti dilansir tempo.co

Rel yang akan dibangun perusahaan Rusia tersebut kelak akan menghubungkan Murung Raya dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Pembangunan rencananya dimulai pada kuartal pertama 2014 dan ditargetkan selesai pada 2017.

JSC Russian Railways akan membangun rel dalam dua tahap. Pembangunan tahap pertama dilakukan dari Balikpapan ke Kutai Barat, sepanjang 185 kilometer. Dalam tahap kedua, pembangunan dilanjutkan hingga ke Kalimantan Tengah. (endy – [email protected])