Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Roadmap Mobil Listrik Nasional Sudah Selesai

Surabaya-alumniits.com

Polemik roadmap mobil listrik nasional yang sempat diwacanakan kalangan industri otomotif nasional usai sudah. Pakar otomotif ITS Surabaya, Dr Muhammad Nur Yuniarto ST yang terlibat dalam tim mobil listrik nasional menegaskan, bahwa roadmap mobil listrik nasional sudah selesai dibuat dan diagendakan.

Menurut dosen Jurusan Teknik Mesin ITS ini, roadmap mobil listrik nasional sudah ada dan roadmap yang ada mengagendakan mobil lisrik nasional sudah ada barangnya pada tahun 2014. “Namun, mobil listrik nasional yang sudah jadi pada tahun 2014 itu hanya bersifat prototipe atau hanya satu unit sebagai model dan embrio. Untuk produksi massal diagendakan pada tahun 2018, karena kami memang tidak mau mobil listrik nasional yang asal comot, tapi kami ingin 100 persen buatan Indonesia mulai dari komponen hingga jadi mobil,” paparnya, seperti dilansir kantor berita Antara.

Hingga kini, lanjut dia, pabrikasi mobil yang ada di Indonesia masih milik asing, seperti Toyota, Daihatsu, dan sebagainya. Sehingga tim mobil listrik nasional bekerja sama dengan kementerian terkait untuk menyiapkan industri. “Untuk penyiapan industri mobil listrik nasional juga harus hati-hati, karena kita punya pengalaman industri nasional yang dilakukan Texmaco dan PTDI, namun akhirnya mati, karena masyarakat tidak peduli,”.

Oleh karena itu, tim mobil listrik nasional akan melakukan koordinasi dengan berbagai kementerian sambil menunggu hingga tahun 2018 untuk menyiapkan segala sesuatunya. “Kalau sekadar membuat mobil listrik, saya kira para teknisi kita sudah sangat mampu, bahkan UI, ITB, UGM, ITS, dan universitas lainnya sudah memiliki mobil listrik itu, tapi semuanya masih main-main,” katanya.

Pihaknya merasa optimistis, program mobil listrik nasional akan sukses. Lantaran memang sudah tidak ada pilihan, sebab bahan bakar fosil sudah menipis dan bahan bakar fosil cenderung polutif.

Sementara itu, alumnus S1, S2, dan S3 di Teknik Elektro ITS Surabaya yang juga dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Dr Ir Dedit Cahya Happyanto MT mengatakan, pihaknya siap mendukung proyek mobil listrik nasional dengan menyumbangkan sistem kendali elektrik dengan metode temuannya.

“Kalau tim nasional sudah merancang motor penggeraknya, maka saya siap membantu dalam aspek sistem kendali elektrik bagi mobil listrik untuk mengatur listrik yang diperlukan mobil listrik secara pas untuk kondisi normal, tanjakan, dan turun,” jelasnya seraya menambahkan metode yang ditemukan itu membuat mobil listrik akan terasa smooth seperti naik motor matic. Sehingga sopir tidak perlu mengatur sistem elektrik saat tanjakan, menurun, dan kondisi normal. Karena sistem elektrik akan stabil dengan sendirinya. (guh)