Berita

Rasio Pajak terhadap PDB Terendah se Asia

JAKARTA, alumniITS – Penerimaan pajak pemerintah pada akhir 2012 hanya Rp 980,1 triliun atau 3,6% lebih rendah dari target sebesar Rp 1.016,2 triliun. Pemicunya adalah rendahnya kesadaran membayar pajak bagi wajib pajak.

“Saat ini, rasio pajak terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) untuk Indonesia sekitar 12%, adalah salah satu yang terendah di Asia,” ujar Wakil Presiden Boediono saat memberikan sambutan Indonesia Summit di Jakarta, Kamis (28/2).

Menurutnya, hal ini karena hanya sebagian kecil masyarakat yang peduli membayar pajak. Padahal angkatan kerja yang dinilai kuat mencapai 117 juta.

“Dari 117 juta angkatan kerja yang kuat, hanya sekitar seperlima memiliki nomor ID pajak, dan hanya sebagian kecil dari mereka membayar pajak.Pasti ada banyak ruang untuk memperbaiki administrasi perpajakan dan untuk memperluas basis pajak.Saya tahu ada wacana tentang, misalnya, memaksakan pajak baru,” katanya.

Seperti diketahui, ada wacana pengenaan cukai pada minuman berkarbonasi atau bersoda dan pemanis. Pengenaan pajak juga akan diberlakukan kepada UKM beromset diatas Rp300 juta. Wacana tersebut diusulkan untuk menambah pemasukan negara.

Kendati ingin meningkatkan pemasukan dari sektor pajak, Boediono tetap fokus untuk mengamankan bisnis dan investasi Indonesia. Terutama agar peningkatan pajak tidak membahayakan bisnis secara keseluruhan dan iklim ekonomi. ([email protected])