Berita

Produk Mamin ASEAN Banjiri Indonesia

JAKARTA- alumniITS :

Pasar Indonesia menarik banyak minat produsen mancangera untuk masuk ke Tanah Air, salah satunya produk makanan dan minuman (mamin). Menurut data dari Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), impor produk mamin asing yang masuk ke Indonesia justru didominasi dari negara ASEAN.

“Dalam beberapa tahun terakhir, impor produk mamin dari ASEAN yang masuk ke Indonesia memang lebih tinggi dibandingkan impor produk dari China. Impor mamin dari ASEAN masih didominasi Malaysia dengan pangsa pasar sebesar 23,6 persen. Selain itu, China mendominasi pasar impor mamin dengan 14,2 persen, Thailand 9,7 persen dan Singapura 8,8 persen,” papar Ketua Umum Gapmmi, Adhi S. Lukman, di Jakarta, Rabu (10/10).

 

Ditambahkan Adhi, Industri mamin di Indonesia memiliki potensi untuk melakukan penetrasi saat masuk ke pasar ekspor di kawasan Asia Tenggara. “Saat ini, kawasan ASEAN menyumbang lebih dari 40 persen terhadap total ekspor mamin asal Indonesia. Hingga akhir tahun ini, Gapmmi menargetkan ekspor mamin asal Indonesia mencapai 4,9 miliar dolar AS, naik 20 persen dari pencapaian pada tahun lalu,” ungkapnya.

Gapmmi juga memperkirakan impor mamin hingga akhir tahun meningkat 10 persen dibandingkan realisasi tahun lalu yang mencapai 5,9 miliar dolar AS. Sedangkan sampai dengan akhir tahun, impor produk mamin diproyeksikan mencapai 6,5 miliar dolar AS. Hingga September 2012, impor produk mamin sekitar 4,3 miliar dolar AS. (guh)