Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

PIP Beri Kredit Bangun Jalan dan Jembatan di Sulteng

JAKARTA, alumniITS:
Pusat Investasi Pemerintah (PIP) mengucurkan pinjaman senilai Rp130 miliar kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) untuk pembangunan jalan dan jembatan.

Pemberian pinjaman kepada Pemprov Sulawesi Tenggara ini ditujukan untuk peningkatan kondisi dua ruas jalan provinsi, yakni ruas Lepo-Konda dan Raha-Lakapera, serta pembangunan satu jembatan Konaweha, Konawe di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pinjaman ini diberikan dengan jangka waktu 5 tahun dan masa tenggang pembayaran pokok (grace periode) 18 bulan dengan bunga pinjaman sebesar 7,75% efektif per tahun, demikian keterangan tertulis PIP yang dikeluarkan secara resmi di Jakarta, Senin (22/10)

Ruas Lepo-Konda merupakan jalur transportasi Pelabuhan Tampo-Pelabuhan Kendari, selain jalur transportasi dari Kabupaten sekitar (Kolaka, Bombana, Konawe Selatan) ke Kendari. Adapun ruas Laha-Lakapera adalah ruas utama Pulau Muna dan sarana transportasi orang, barang, dan jasa Pulau Muna, termasuk hasil produksi Pulau Buton yang hendak dipasarkan di pulau utama.

Sedangkan Jembatan Konaweha-Hulu merupakan sarana transportasi untuk mengirimkan hasil perkebunan terutama Kakao yang dihasilkan oleh Konawe.

Perjanjian pinjaman ini ditandatangani bersama Kepala Pusat Investasi Pemerintah Soritaon Siregar dan Gubernur Sulawesi Tenggara H. Nur Alam pada Minggu (21/10/2012) di Kendari. Perjanjian ini disaksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa. (endy)