Berita

PII Jamin 8 Perusahaan AS Bangun Infrastruktur di Indonesia

JAKARTA, alumniITS:
PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) menjamin 8 perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang akan membangun proyek infrastruktur di Indonesia. Mengingat, PII sudah bekerjasama The Overseas Private Investment Corporation (OPIC) untuk kelancaran proyek insfrastrktur tersebut

“Jadi PII ini kan mandatnya kita memberi penjaminan kepada proyek infrastruktur atas risiko politik terutama yang dikeluarkan oleh government action. Dan kita dimandatkan untuk bekerjasama dengan institusi sejenis,” ungkap Sinthya Roesli , Direktur Utama PII usai  acara MoU PT PII (Persero) dengan The OPIC  untuk Mendukung Proyek Infrastruktur di Indonesian di Jakarta, Selasa (13/11/12).

Sebanyak 8 perusahaan infrastruktur yang berniat menanamkan investasinya di Indonesia ini didominasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang energi dan perusahaan konsultan.

8 perusahaan yang akan membangun proyek infrastrukturnya di Indonesia ialah: Black and Veatch, Cisco Systems, General Electric, Honeywell, Oshkosh Corporation, Shaw, Westinghouse Electric Company, WorleyParsons.

“Kami belum bisa menyebutkan berapa total investasi infrastruktur yang akan dibangun 8 perusahaan ini. Mengingat, mereka masih persiapan,” papar Sinthya.

 Wakil Menteri Perdagangan Untuk Urusan Perdagangan Internasional Departemen Perdagangan AS Badan Perdagangan Internasional, Fransisco J Sánchez mengungkapkan, pemerintah AS siap mendukung sepenuhnya atas proyek infrastruktur di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia betul-betul membutuhkan proyek infrastruktur yang memadai untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. “Indonesia adalah satu hal yang paling penting. Dan jelas, Indonesia membutuhkan infrastruktur untuk pertumbuhan ekonomi,” katanya seperti dikutip detik.com

Sánchez juga berkomitmen, dengan kerjasama ini, kedua belah pihak akan mengatasi tantangan dan hambatan dan risiko yang dihadapi dalam percepatan proyek infrastruktur ini.

“Kita akan bekerjasama untuk mengatasi hambatan-hambatan itu, saya percaya hubungan AS-Indonesia akan semakin baik dengan kerjasama ini,” sambung Sanchez. (endy – [email protected])