Berita

PGN Ingin Akuisisi Lapangan Gas Baru


JAKARTA, alumniITS:
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mengaku tengah dalam proses penyelesaian akuisisi lapangan gas baru di Indonesia. Ditargetkan akusisi ini bakal selesai pada Desember 2012.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan selesai,” kata Direktur Keuangan PT Perusahaaan Gas Negara Tbk, Riza Pahlevi dalam keterangan pers Investor Summit 2012 di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Walau belum mau membeberkan secara detail rencana akuisisi tersebut, Riza memastikan, arah penandatanganan pembelian lapangan gas baru tersebut sudah semakin dekat.

Semula perusahaan pelat merah ini menargetkan akuisisi dapat selesai pada November 2012. Namun dengan berbagai kendala yang ada, perusahaan kemungkinan baru merealisasikan rencananya pada Desember 2012.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PGN mengungkapkan perusahaan kini juga tengah berupaya menyelesaikan pembangunan terminal gas terapung atau floating storage and regasification unit (FSRU) Lampung. Saat ini proses penandatanganan amandemen kontrak telah diselesaikan perusahaan.

Rencananya, terminal gas yang akan memasok kebutuhan Sumatera dan Jawa Barat ini akan selesai dan beroperasi pada 2015 mendatang. Dari terminal ini diharapkan kapasitas pengeluaran yang dihasilkan bisa mencapai 240 mmcfd selama 20 tahun.

Hingga kuartal III-2012, PGN mengaku telah mendistribusikan gas sebanyak 801 mmscfd, naik dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 785 mmscfd. Hingga akhir tahun, PGN menargetkan penyaluran gas bisa mencapai kisaran 800-820 mmscfd. (endy – [email protected])