Berita

Pertamina Kembangkan Kilang di Palembang

PALEMBANG, alumniITS – PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III bersiap melakukan pengembangan kilang Musi dan Sungai Gerong karena kondisinya sudah tua.

Officer Relation PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III, Fahrougi Andriani Sumampouw  mengatakan rencana pengembangan kedua kilang tersebut  karena  melihat kondisi yang terjadi sekarang ini existing RU III itu konfigurasi sederhana (kompleksitas 3,9).

”Kondisi kilang sudah berumur,  di mana pengembangan terakhir  dilakukan pada  1994,” ujarnya di Palembang, seperti dikutip antara, Rabu (30/1).

Selain itu, konversinya juga masih rendah dengan 35% merupakan produk-produk yang berkualitas rendah, ujarnya.

Peluang pengembangan kilang  tersebut,. Menurutnya,  sangat besar  karena melihat permintaan bahan bakar minyak di area Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) meningkat 5%-6% per tahun untuk premium.

Di sisi lain, kata Fahrougi, masih tersedianya crude lokal 70.000 barel per hari (MBCD).  Ditambah pertumbuhan perekonomian daerah cukup tinggi  dan terjadi  sinkronisasi dengan pengembangan wilayah Sumbagsel. ”Tujuan pengembangan kilang itu dilakukan guna mempertahankan kelangsungan operasional kilang RU III,” tegasnya.  ([email protected])