Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Perkembangan Baru Tizen 2.0

JAKARTA. alumniITS – Setelah lama tak terdengar kabarnya, kali ini platform perangkat pintar berbasis Linux, Tizen, kembali lagi dengan perkembangan terbaru. Perkembangan tersebut adalah sudah disediakannya Standard Development Kit (SDK) bagi para pengembang.

Seperti yang dilansir oleh Engadget, Selasa (19/2), pengeluaran SDK ini juga diikuti dengan pelepasan kode alpha dari source code platform ini. Dengan begitu, Tizen sudah menunjukkan perkembangannya sejak versi terbarunya, Tizen 2.0 Magnolia dikenalkan September 2012 lalu.

Semenjak beberapa bulan dalam masa inkubasi, Tizen memang mengalami perkembangan dari segi dukungan untuk bahasa HTML5 dan diperbaikinya Web UI framework yang membuat platform ini dijalankan dengan fitur layar penuh dan multi-windows.

Dengan begitu, saat ini para pengembang aplikasi bisa menggunakan API untuk hardware Bluetooth dan NFC, selain itu, mereka bisa juga mengakses riwayat panggilan telepon, kalender dan perangkat pengiriman pesan lainnya.

Tizen sendiri merupakan satu di antara banyak platform untuk perangkat pintar yang beredar saat ini. Meskipun belum dipakai di perangkat mana pun, peminat seperti Samsung pun mengaku berencana untuk menggunakan platform ini jika sudah jadi nantinya. ([email protected])