Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Perekonomian Indonesia Paling Stabil di Dunia

JAKARTA, alumniITS:
Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menilai perekonomian Indonesia adalah perekonomian paling stabil di dunia, dalam 4 tahun terakhir. Stabilnya karena didukung pertumbuhan konsumsi masyarakat yang meningkat, ditambah lagi dengan kombinasi investasi yang tinggi.

“Perekonomian kita paling stabil sedunia dalam 4 tahun belakang. Tapi memang ekspor sekarang ini melambat sehingga kombinasi konsumsi rumah tangga dan investasi yang mendukungnya,” ungkap Darmin dalam acara pembukaan Global Entrepreneurship Week di Gedung BI, Jakarta, Senin (12/11).

Selain itu, lanjut Darmin, didukung konsumsi rumah tangga yang tinggi. Karenanya, para wiraswasta Indonesia bisa memanfaatkan kondisi ini. untuk menciptakan usaha yang memenuhi kebutuhan.

Memang, para wiraswasta Indonesia mempunyai peluang yang lebih besar dibanding investasi asing masuk. Sebab, wiraswasta Indonesia lebih bisa menjangkau kemauan konsumsi masyarakat domestik, lanjut mantan Dirjen Pajak.

“Kita memang dipenuhi investasi asing. Investasi asing yang masuk ke Indonesia ditujukan memenuhi pasar dalam negeri bukan untuk ekspor. Tapi entrepreneur dalam negeri lebih mudah mencapainya, barang konsumsi lebih terjangkau. Kami sangat percaya,” tambah Darmin.

Dikatakan, menciptakan para pengusaha ini tidak kalah penting dibandingkan pembangunan infrastruktur lantaran memang para pengusaha ini akan terus mendongkrak pertumbuhan dan kestabilan perekonomian.

“Kekurangan infrastruktur lebih banyak dibicarakan, tidak kalah pentingnya membangkitkan dan melahirkan entrepreneurship nasional. Di samping itu pendidikan wirausaha mestinya sudah bergerak dalam tahun ini,” pungkasnya.  (endy – [email protected])