Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Perangkat Berlayar Fleksibel Diproduksi Massal

SEOUL, alumniITS.com – Layar fleksibel telah lama dikabarkan bakalan diadopsi oleh para pembuat perangkat elektronik di jajaran produknya. Samsung dan LG disebutkan telah siap membuat produk yang menggunakan layar fleksibel secara massal.

Proses produksi produk dengan layar fleksibel oleh kedua perusahaan asal Korea Selatan itu diprediksi akan dimulai pada bulan November tahun ini. Kedua perusahaan satu negara itu bahkan akan memperluas kapasitas produksinya lebih besar.

Saat ini, Samsung memiliki kapasitas produksi sebesar 1,5 juta hingga 5 juta unit untuk layar fleksibel seluas 6 inci per bulan. Meskipun di atas kertas terlihat kapasitasnya besar, analis memperkirakan Samsung hanya bisa membuat 1 juta unit setiap bulannya dan LG lebih sedikit lagi.

Dimensinya yang tipis, lebih ringan dan bahkan tidak lebih mudah rusak bakalan menjadi kekuatan tersendiri untuk perangkat ini. Aneka fitur baru itu diharapkan bisa membuat baterai di perangkat ini lebih awet.

“Kunci dari perangkat dengan layar fleksibel adalah untuk aplikasinya,” ungkap analis HIS Kang Min-soo seperti dikutip Phone Arena, Kamis (22/8/2013).

Berbagai gadget dengan layar fleksibel diperkirakan bakalan jadi tren di tahun 2015. Min-soo juga menyebutkan permintaan pasar pada perangkat dengan layar fleksibel akan meledak.

“Banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi ini membuat permintaan akan meledak bila pasar merasa cocok dengan layar fleksibel,” tambah Kang Min-soo lagi.

Layar fleksibel ini digadang-gadang bakalan jadi inovasi paling canggih di dunia perangkat elektronik tahun ini. Bila memang rumor ini terbukti, maka teknologi yang biasa ada di film fiksi ilmiiah akan segera terwujud nyata. (endy)