Berita

Penurunan Suku Bunga SBN Dikaji

JAKARTA, alumniITS – Pemerintah tengah mengkaji rencana penurunan tingkat suku bunga Surat Berharga Negara (SBN) pada tahun ini untuk merealisasikan penerbitan Surat Utang Negara (SUN).

“Sedang kami kaji, karena kami mempunyai kesempatan untuk menurunkan tingkat suku bunga,” ujar Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hasan Bisri, Senin (28/1/2013).

Kajian tersebut, menurut dia, bertujuan menentukan efisiensi tingkat bunga yang ditetapkan pemerintah. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan di tahun ini dan ke depan.

Kajian tersebut seperti terkait penurunan tingkat bunga akan menimbulkan permasalahan lebih lanjut atau tidak. Selain itu, sehubungan juga dengan efisiensi penurunan suku bunga tersebut.

Hasan mengatakan, potensi penurunan tingkat suku bunga didorong tingginya minat investor untuk membeli SUN pemerintah Indonesia yang selalu mencatatkan kelebihan permintaan atau oversubscribed.

“Kalau kita merilis SUN, itu permintaannya relatif tinggi sampai 500% dari penawaran. Artinya investor sangat tertarik dengan obligasi yang kita tawarkan,” jelasnya.  ([email protected])