Berita

Penjahat Cyber Terus Bergerilya

CALIFORNIA, alumniITS.com – Penjahat cyber terus bergerilya melakukan serangan yang diluar dugaan. Memang penjahat cyber memiliki berbagai macam teknik mengelabui pengguna untuk menyematkan malware dan sepertinya mereka tidak pernah kehabisan ide. Terkini, penjahat cyber memanfaatkan email untuk menyebar malware yang berkedok sebagai undangan pernikahan.
 
Dilansir dari Softpedia, Kamis (28/3/2013), para ahli keamanan dari ThreatTrack Security berhasil menemukan email berjudul “Wedding Invite” atau “Wedding Invitation” yang dikirim oleh penjahat cyber untuk menjebak pengguna internet. “You are Cordially Invited to Celebrate the Our Wedding On Tuesday March the 29 at Four O’clock Followed by a Reception. Get Full Invitation Text,” demikian pesan yang tertulis dalam email jebakan tersebut.
 
Pengguna yang meng-klik link yang disediakan akan diarahkan ke arsip file pada website yang dikendalikan. Arsip tersebut berisi file yang tampaknya merupakan dokumen Word berbahaya.
 
Pada kenyataannya, file tersebut merilis varian baru dari Trojan.Win32.Kuluoz, sebuah ancaman yang mampu mengunduh elemen berbahaya lainnya seperti antivirus palsu. Sementara malware mulai menyebar, dokumen teks itu tetap terbuka untuk menghindari kecurigaan pengguna.
 
Untuk menghindari malware, pastikan Anda menggunakan aplikasi antivirus baru dan sepenuhnya berfungsi. Selain itu, hindari meng-klik link yang tampak mencurigakan di email. (ndy)