Berita

Pengguna Smartphone Samsung Hijrah ke Apple


CHICAGO, alumniITS.com – Ekosistem ponsel pintar Samsung memang telah terbukti sebagai yang terbanyak beredar di pasaran. Hal ini membuat produsen asal Korea Selatan itu mampu mengungguli rival utama mereka, Apple, dari segi kuntungan.

Namun nyatanya, menurut hasil survei yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CRIP) menyatakan bahwa sekitar 20 persen pengguna smartphone Samsung telah beralih menggunakan iPhone.

CRIP baru saja merilis hasil survei yang dilakukan pada 500 konsumen smartphone baru dalam rentang waktu satu tahun yang dimulai sejak bulan Juni 2012 hingga Juli 2013 kemarin. Dari hasil survei tersebut terungkap jika Apple memperoleh 20 persen pengguna baru dari mereka yang sebelumnya menggunakan produk smartphone Samsung.

Sementara itu, hanya tercatat sekitar 7 persen pengguna baru ponsel pintar Samsung yang sebelumnya menggunakan iPhone. Demikian yang dikutip dari laman Cnet, Selasa (20/8/2013).

Menurut pandangan ahli, beralihnya pengguna smartphone Samsung ke iPhone lebih disebabkan karena pengalaman menggunakan Android yang monoton. Pengguna smartphone Android kelas menengah lebih cenderung ingin merasakan pengalaman baru menggunakan iPhone yang berbasis iOS, ketimbang melakukan upgrade ke smartphone Android segmen premium yang dinilai tak terlalu memberikan pengalaman berbeda.

Dari data yang dirilis CRIP tersebut juga terungkap bahwa konsumen iPhone didominasi oleh para pengguna yang sebelumnya memang telah menggunakan handset iPhone. Hal ini membuktikan loyalitas pengguna iPhone yang cenderung akan terus melakukan upgrade perangkat bila Apple mengeluarkan iPhone seri terbaru. (endy)